Selasa, 18 Oktober 2016

Published 04.33.00 by Admin

Demam Pada Anak - Apa Itu Demam ?

Demam Pada Anak

Foto : CloverJelly

Apa Itu Demam ?

Secara medis, demam (pireksia) adalah keadaan suhu tubuh diatas normal sebagai akibat peningkatan pengatur suhu di hipotalamus yang dipengaruhi oleh IL-1 (interleukin-1). 

Adapun, beberapa definisi lainnya, antara lain : temperatur tubuh yang meningkat secara abnormal atau bagian dari pertahanan tubuh melawan kuman yang ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh. 

Meskipun banyak pengertian atau penjelasan tentang demam, pada intinya demam adalah kenaikan suhu tubuh melewati batas normal yang dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi, peradangan, atau gangguan metabolik.

Panas tubuh diatur melalui mekanisme dalam tubuh yang cukup kompleks. Hipotalamus merupakan bagian di otak yang salah satu fungsinya sebagai pusat pengatur suhu tubuh. Dengan kata lain, hipotalamus merupakan pemberi perintah kepada tubuh untuk mempertahankan suhu normal. Jika suhu di luar tubuh dingin maka (atau suhu tubuh menurun) maka hipotalamus akan mengirim perintah saraf agar pembuluh darah mengerut (vasokonstriksi) sehingga panas tubuh ditahan didalam,

Sebaliknya, jika suhu di luar tubuh panas (atau suhu tubuh meningkat) hipotalamus akan mengirim perintah agar pembuluh darah melebar (vasodilatasi) sehingga panas tubuh dikeluarkan.

Ketika terjadi demam, nilai pengatur suhu tubuh yang ada di hipotalamus (suhu inti tubuh) akan meningkat nilai set-point. Pada saat itu suhu di permukaan tubuh (kulit) masih lebih rendah dibandingkan suhu inti. Tubuh akan berusaha meningkatkan panas dan mencapai nilai set-point suhu yang sama dengan suhu tubuh inti. Hal inilah yang menjadi penyebab kulit terasa lebih hangat daripada biasanya ketika disentuh.

Jika suhu dipermukaan tubuh tetap dingin, maka yang terjadi adalah anak akan menggigil sebagai akibat dari tubuh yang menghasilkan panas lebih cepat (meningkatkan suhu agar mencapai atau sama dengan nilai set-point yang telah ditetapkan oleh hipotalamus.


      edit