Selasa, 18 Oktober 2016

Published 05.21.00 by Admin

Suhu Normal Anak - Berapakah Suhu Tubuh Normal Anak ?

Suhu Normal Anak

Suhu tubuh normal pada anak
Foto : balitapedia

Mengetahui Suhu Normal Anak

Suhu tubuh anak yang normal (dalam keadaan sehat) adalah sekitar 36-37oC. Suhu tubuh ini bervariasi dengan kisaran 0,5-1,0oC. Selain karena aktivitas suhu tubuh juga ditentukan oleh irama tubuh yang disebut irama sirkandian.

Irama sirkandian adalah suatu bentuk keteraturan tubuh sehari-hari yang meliputi banyak hal, seperti kesadaran, suhu tubuh, tekanan darah, detak jantung, atau bahkan waktu saat tidur dan bangun. Tubuh kita memang dirancang untuk bangun di siang hari dan tidur di malam hari.

Foto : Irama Skardian (perputaran Suhu Tubuh)
Foto : Irama Skardian (perputaran Suhu Tubuh)
Dari tabel diatas, kita dapat melihat bahwa suhu tubuh mencapai titik terendah pada jam 5 pagi dan mencapat titik tertinggi sekitar jam 7 malam. Inilah yang disebut irama sirkadian suhu tubuh.

Anak dikatakan demam bila suhu tubuhnya di atas normal dan ada tanda atau gejala penyerta. Batasan suhu normal pada anak tergantung dari cara dan tempat pengukuran suhu.

Secara umum, Anda dapat menggunakan patokan demam sebagai berikut :
  • Suhu pada pengukuran di ketiak di atas 37,2oC (dikatakan demam)
  • Suhu pada pengukuran di anus di atas 38oC (dikatakan demam)
  • Suhu pada pengukuran di mulut 37,5oC (dikatakan demam)
  • Suhu pada pengukuran di telinga di atas 38oC (dikatakan demam)
Tempat ukur disesuaikan dengan termometer yang digunakan pada umumnya adalah termometer air raksa. Tempat pegukuran yang direkomendasikan untuk anak adalah ketiak. Selain itu, dapat juga digunakan termometer digital atau termometer telinga.

Selalu baca petunjuk penggunaan termometer yang anda gunakan, mengingat setiap temometer memiliki cara penggunaan yang berbeda-beda. Jika ada keraguan, konsultasikan kepada dokter.


 
      edit