Rabu, 12 Oktober 2016

Published 04.24.00 by Admin

Segudang Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Buah Pisang


Foto manfaat pisang untuk kesehatan dan pengobatan
Foto : Liputan6

Pentingnya Buah Pisang Untuk Dikonsumsi


Katasehat.com - Pisang adalah buah berwarna kuning lonjong yang memiliki berbagai macam jenis dan varian yang dapat ditemui hampir di seluruh indonesia. Buah pisang memiliki harga yang murah sehingga terjangkau untuk semua kalangan, meskipun begitu jangan salah sangka terdapat segudang nutrisi pada buah pisang yang baik untuk tubuh bahkan mampu mencegah dari berbagai macam penyakit.

Buah Pisang memiliki segudang manfaat dengan hanya mengkonsumsi satu buah pisang mampu  memenuhi nutrisi serta menjaga kesehatan tubuh anda. Bahkan manfaat pisang tidak akan hilang meskipun diolah dengan berbagai ragam bentuk sepeti salad atau minuman jus ataupun jenis makanan olahan lainnya dari bahan pisang.

Pisang adalah buah yang kaya akan gula, serat, vitamin A, B, C dan E, serta kaya akan mineral seperti kalsium dan magnesium. Dengan segudang manfaat pisang tidak salah kalau buah berwarna kuning ini disebut buah serbaguna.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat buah pisang untuk tubuh anda

1. Kaya akan Karbohidrat, Vitamin dan Serat

Kandungan karbohidrat pada pisang mampu memenuhi kebutuhan energi tubuh, bahkan kandungan 1 buah pisang 2 kali lebih besar dibanding buah apel, yang tidak kalah penitng kandungan vitamin A pada pisang jauh lebih besar dibanding buah apel. Berdasarkan sebuah studi kandungan vitamin A pada pisang 5 kali lebih besar daripada apel.

Berikut rincian nilai gizi 1 buah pisang berukuran sedang (kisaran 126 gram). Dalam 1 buah pisang mengandung setidaknya 105 kalori, 1 gram protein, dan 30 gram karbohidrat.

 Berikut rincian kandungan nutrisi pada buah pisang
  • Besi  = 0,3 mg
  • Folat = 25.0 mcg
  • Kalium = 450 mg
  • Magnesium = 34 mg
  • Mangan = 0,3 mg
  • Niacin = 0,8 mg
  • Protein = 1 g 
  • Riboflavin = 0,1 mg
  • Serat = 3g 
  • Vitamin A = 81 IU
  • Vitamin B6 = 0,5 mg
  • Vitamin C = 9 mg

 2. Meningkatkan Kinerja Otak

Diketahui bahwa buah pisang mengandung vitamin B yang baik untuk otak, sehingga mampu meningkatkan kemampuan belajar. Sangat baik diberikan pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Berdasarkan penelitian kandungan nutrisi pada pisang berupa potasium dipercaya mampu mengontrol serta menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Menurunkan Resiko Stroke Serta melancarkan Peredaran darah

Berdasarkan sebuah studi, dengan mengkonsumsi pisang secara rutin akan mampu menurunkan resiko penyakit stroke, kandungan kalium yang ada pada pisang mampu melancarkan peredaran darah sehingga aliran darah tidak akan terganggu pada penderita penyakit jantung, pisang juga kaya akan antioxidan dan serat sehingga mampu menurunkan resiko penyakit kanker.

5. Melancarkan Pencernaan Serta Mengobati Penyakit Diare

Efek  probiotik yang terdapat dalam buah pisang mampu merangsang bakteri probiotik yang baik untuk usus, bakteri probiotik dapat membantu penyerapan nutrisi sehingga mampu melancarkan pencernaan, bahkan nutrisi pada buah pisang yang mentah mampu mengobati penyakit diare

6. Menjaga kesehatan Mata

Telah dikatehui bahwa kandungan vitamin A pada buah pisang terbilang cukup tinggi bahkan melebihi kandungan buah apel. Vitamin A mampu menjaga kesehatan serta penglihatan mata anda. Nutrisi pada buah pisang mampu memperbaiki membran pada mata, membran berfungsi untuk meneruskan cahaya yang masuk ke kornea. 

Buah Pisang juga mengandung alpha karoten serta beta karoten, yang diolah menjadi vitamin A sehingga mampu mengoptimalkan serta menjaga kesehatan mata.

7.  Menormalkan Detak Jantung

Dengan mengkonsumsi buah pisang saat sarapan pagi secara rutin, dipercaya mampu mendukung kinerja jantung. Pisang kaya akan mineral yang dinamakan elektrolit kalium. Kalium masuk ke dalam tubuh, akan masuk ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium akan terus mengalir disekitar sel-sel darah dan akan larut ke dalam cairan sel.

Kalium yang telah larut akan mengalir di seluruh sistem tubuh,dan membantu proses penyaluran darah sehingga membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus yang parah bila seseorang kekurangan zat kalium, maka detak jantng akan menjadi tidak stabil dan dapat menimbulkan kematian.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Bakteri Probiotik yang ada pada buah pisang diyakini mampu meningkatkan penyerapan kalsium bahkan kandungan mangan yang relatif tinggi dapat membantu memperkuat serta meningkatkan pertumbuhan tulang.

9. Mengatasi Penyakit Maag

Pisang mengandung zat penangkal asam yang terdapat dalam tubuh dengan kata lain kandungan yang ada dalam pisang tersebut mampu menormalkan ph asam pada lambung.

10. Meredakan Nyeri Saat Haid

Bagi anda kaum hawa yang sering mengalami rasa nyeri sebelum atau saat haid, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang. Perbanyaklah mengkonsumsi buah pisang sehingga rasa nyeri saat atau sebelum haid akan berkurang.

11. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Dengan asupan gizi serta nutrisi yang baik bagi ibu hamil maka akan membantu pertumbuhan serta perkembangan janin yang dikandung. Asam folat pada pisang dipercaya mampu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-105 kalori yang terkandung dalam 1 buah pisang, hal ini penting dalam pembentukan serta perkembangan sel-sel baru pada janin. Selain itu pisang juga mampu mengurangi resiko morning sickness pada ibu hamil serta mengatur kadar gula darah agar tetap stabil pada saat mengandung.

Manfaat lain buah Pisang

Berikut Manfaat Lain Buah Pisang

  1. Membantu Otot Kaki Lebih Rileks
  2. Mengobati Sembelit Serta meredakan Sakit perut
  3. Memicu Produksi Hormon Seretonin Sehingga Mampu Meningkatkan Mood
  4. Mengatasi Anemia (kekuarangan Sel darah Merah)
  5. Menyeimbangkan Jumlah Cairan Di Tubuh
  6. Menghaluskan Kulit Wajah Serta Menghilangkan Jerawat
  7. Menurunkan Berat Badan
  8. Menjaga Sistem kekebalan Tubuh
  9. Membantu Metabolisme Protein
  10. Membantu Meningkatkan Kinerja Ginjal Dalam Pembersihan Darah
Manfaat Pisang Untuk Pengobatan

1. Anemia

Bagi anda yang sering lesu dan lemas akibat mengalami anemia dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 buah pisang secara rutin tiap hari. Hal ini akan mampu mencukupi kebutuhan zat besi pada tubuh.

2. Diabetes

Bagi penderita diabetes, begini cara mudah untuk mengolah pisang dalam mengatasi penyakit diabetes. Kukus buah pisang dan campurkan kelapa parut muda,  nikmatilah sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

3. Mengobati Luka bakar

Untuk pengobatan luka bakar, cukup gunakan abu daun pisang yang telah dicampurkan minyak kelapa lalu oleskan pada bagian kulit yang mengalami luka terbakar.

4. Sebagai Obat Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Untuk masalah gatal karena gigitan nyamuk, sangat mudah untuk pengobatannya cukup ambil kulit pisang lalu oleskan pada bagian bekas gigitan nyamuk.

5. Menghaluskan Kulit Wajah Serta Mengobati Jerawat

Bagi anda yang senang dengan masker alami cobalah menggunakan masker dari bahan pisang. Nutrisi pada pisang mampu mengatasi kulit kering dan kasar serta mengatasi jerawat. Cara mengolahnya cukup mudah cukup hancurkan buah pisang hingga dirasa cukup halus lalu tambahkan madu dan oleskan pada kulit wajah anda. lakukan secara rutin agar hasil optimal

      edit