Rabu, 12 Oktober 2016

Published 18.42.00 by Admin

Segudang Manfaat Jeruk peras Untuk Kesehatan

Manfaat Penting Jeruk Peras

Foto : cantikitu
Katasehat.com - Jeruk atau disebut juga limau adalah salah satu buah berwarna orange yang kaya akan kandungan vitamin C,  jeruk atau limau merupakan buah yang berdaging dengan rasa yang masam yang dapat ditemui hampir di seluruh pelosok tanah air mengingat buah jeruk memang berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara (wikipedia).

Sudah lama diketahui bahwa buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang relatif tinggi, dalam 1 buah jeruk terdapat sekitar 20 kal, umumnya buah jeruk dapat dikonsumsi secara langsung atau dapat diolah sebagai jus atau olahan lainnya. Tapi tahukah anda terdapat segudang manfaat yang terkandung dalam buah jeruk bila diolah dengan cara diperas.

Kandungan Nilai Gizi  Pada Buah Jeruk

Jangan salah sangka jika jeruk hanya memiliki kandungan vitamin C saja, teryata kandungan nutrisi yang lain juga relatif tergolong tinggi. Berikut sajian nilai gizi 1 buah jeruk
  • Besi = 0,10 mg 
  • Fosfor = 10,00 mg
  • Kalsium = 18,00 mg
  • Karbohidrat = 7,20 g
  • Lemak = 0,10 g
  • Niacin = 0,03 g
  • Protein = 0,50 g
  • Serat = 0,20 g
  • Vitamin A = 160,00 RE
  • Vitamin B1 = 0,06 cg
  • Vitamin B2 = 0,03mg
  • Vitamin C = 29,00 mg

Manfaat Jeruk Peras Untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat olahan jerus peras untuk kesehatan tubuh anda

1. Nutrisi Jeruk Lebih Terjaga

Mengolah jeruk dengan cara diperas ternyata lebih efektif menjaga kandungan nutrisinya dibandingkan dengan teknik olahan lainnya seperti dengan diblender atau juicer. Mengolah jeruk dengan cara diblender ternyata akan mengurangi sumber nutrisi pada jeruk hal ini dikarenakan pada saat proses penghancuran, kandungan nutrisi pada jeruk akan teroksidasi sehingga menurunkan nilai gizinya.

2. Memperkuat sistem Imun (Antibodi Tubuh)

Kandungan vitamin C pada jeruk mampu memicu peningkatan imun tubuh. Dengan tetap menjaga nutrisi jeruk dengan cara diperas hal ini akan mampu mengoptimalkan setiap kandungan nutrisi buah jeruk yang dikonsumsi, dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, maka kondisi tubuh akan menjadi lebih fit serta tidak akan mudah terserang penyakit seperti flu dan sebagainya. Selain itu vitamin C juga mampu untuk meredakan stres akibat aktivitas berat yang dijalani tiap hari.

3. Melancarkan Pencernaan Dan Meredakan Sembelit

Mengkonsumsi  jeruk perasan kandungannya akan sama seperti mengkonsumsi buah jeruk dalam keadaan utuh. Dengan kata lain serat yang ada tidak akan berkurang, kandungan serat ini akan melancarkan serta menstimulasi pencernaan sehingga akan mempermudah lambung dan usus dalam menyerap setiap nutrisinya karena telah berbentuk cairan, serat yang ada juga mampu meredakan sembelit.

4. Menjaga Kesehatan Jantung, Otak dan Syaraf

Mengolah jeruk dengan cara memeras akan mampu menjaga nutrisi jeruk berupa potasium tetap terjaga. Mengapa potasium sangat penting untuk tubuh?, hal ini karena potasium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Suatu penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi potasium dengan kadar 4069 mg secara rutin tiap hari dipercaya mampu menurunkan risiko kematian hingga 40% yang disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Bahkan berkat kandungan mineral ini maka jantung, ginjal, serta organ tubuh yang lain akan mampu bekerja secara normal.

5. Menyamarkan Flek Hitam Di wajah Serta Melindungi Kulit

Berkat kandungan beta-karoten yang relatif tinggi pada jeruk yaitu antioxidan, maka akan membantu kulit wajah lebih sehat karena antioxidan mampu menangkal radikal bebas serta polusi yang ada di sekitar lingkungan anda, serta melindungi sel-sel dari kerusakan. Dengan meminum jeruk hasil perasan maka secara efektif  akan membantu tubuh dalam proses  detoksifikasi.

6. Menurunkan Berat Badan

Bagi yang sedang dalam dalam proses diet, buah yang satu ini harus dimasukkan dalam program diet anda. Tahukah anda buah jeruk juga mampu mengurangi berat badan anda hal ini karena dalam setiap 1 buah jeruk mengandung serat pektin yang mampu menguragi rasa lapar serta nafsu makan anda. Cobalah untuk mengkonsumsinya saat menjalankan program diet anda.

7. Memperbaiki Penglihatan Mata

Meskipun wortel dianggap sebagai salah satu sayuran terbaik untuk menjaga kesehatan mata anda, tapi buah jeruk juga kaya akan senyawa karotenoid yang dapat dikonversikan menjadi vitamin A sehingga mampu menjaga kesehatan mata serta menurunkan resiko degenerasi makula.

8. Menurunkan Risiko Kolesterol Serta Risiko Kanker Hati

Manfaat jeruk yang lainnya adalah mampu menangkal kolesterol jahat di tubuh, hal ini dikarenakan jeruk kaya akan serat larut. Selain itu, minum perasan jeruk secara teratur dipercaya mampu mengurangi risiko kanker hati. Hal ini didasarkan pada sebuah studi di jepang, mengkonsumsi jeruk terutama jeruk mandarin mampu mengurangi potensi kanker hati.
Bagi penderita penyakit maag yang merasa takut karena jeruk memiliki rasa masam, dapat mencoba mengkonsumsi olahan jeruk nipis degan cara diperas. Meskipun Jeruk nipis perasan memiliki rasa yang agak masam, namun sebenarnya, olahan perasan jeruk nipis bersifat basa atau memiliki ph basa bukannya asam dan tidak akan menyebabkan penyakit maag menjadi kambuh. Selain bersifat basa dan tidak berbahaya bagi penderita penyakit maag, jeruk nipis peras juga dapat menghilangkan racun yang terdapat dalam sistem pencernaan, sehingga dipercaya mampu menurunkan resiko infeksi dalam sistem pencernaan.




      edit