Kamis, 13 Oktober 2016

Published 01.36.00 by Admin

Kekeliruan Manfaat Air Kelapa Muda

Kesalahan Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat air kelapa
Foto :  Thinkstock
Katasehat.com - Berpikir tentang air kelapa muda tentu ang ada dibenak adalah minuman penghilang rasa haus, meskipun begitu terdapat segudang manfaat dari air buah kelapa yang sangat baik untuk kesehatan dan kebugaran tubuh.

Air kelapa telah lama dikenal sebagai minuman isotonik yang sangat bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang, banyak orang yang mengkonsumsi air kelapa dengan tujuan dan maksud tertentu agar mendapatkan khasiatnya. Tapi terdapat beberapa pendapat keliru tentang manfaat air kelapa yang wajib anda ketahui.

Dikutip dari tulisan Citra/Diana di Kompas inilah pendapat keliru manfaat air kelapa untuk kesehatan dan pengobatan tubuh.

1. Bantu Menurunkan Berat Badan

Hal ini sering disalah artikan oleh kebanyakan orang. Minum air kelapa sangat baik untuk tubuh tapi bila dikonusmsi secara berlebihan sebenarnya dapat menyebabkan penyakit diare. Memang kelihatannya-efektif dan sehat sehingga dianjurkan untuk bisa mendapatkan berat tubuh ideal. Sebaliknya, manfaat air kelapa yaitu sebagai stimulan bagi mereka yang kesulitan BAB atau susah buang air besar karena dapat melancarkan saluran pencernaan.

2. Lebih Bernutrisi Ketimbang Kemasan Susu Full Cream

Berpikir bahwa air kelapa lebih bernutrisi dibanding susu full cream adalah anggapan yang keliru. Dibandingkan dengan air kelapa, susu memilki kandungan yang kaya akan protein, karbohidrat, lemak, dan gula. Selain itu, susu juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, sodium, potasium, serta magnesium. Dibandingkan air kelapa yang hanya mengandung beberapa mineral saja.

3 Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidak ada Studi ilmiah yang dapat membuktikan bahwa air kelapa mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan juga membantu tubuh melawan berbagai virus penyebab penyakit.Satu-satunya cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah zat gizi yang diperoleh dari beragam makanan. Sehingga mampu memberikan tambahan nutrisi yang lengkap melalui asupan makanan serta gizi seimbang.

4. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Hal pertama yang dapat Anda lakukan guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal adalah cukup konsumsi air atau cairan. Cairan tersebut dapat diperoleh dari air kelapa, air mineral, dan lainnya. Ada benarnya bahwa air, baik. air kelapa maupun air mineral, dapat mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Hanya saja, air kelapa tidak dapat menyembuhkan batu ginjal.

5. Pulihkan Rasa Pusing Akibat Mabuk

Mabuk dapat disebabkan oleh berbagai hal contohnya karena mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan harus segera dinetralkan. Caranya dengan minum air, baik air mineral maupun air kelapa. Sebenarnya, untuk meredakan rasa pusing akibat mabuk, sebaiknya minum air yang mengandung gula. Tujuannya agar gula bisa cepat masuk ke dalam pusat susunan saraf dan mengambil alih keterikatan tubuh pada alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk dapat dinetralkan. 

      edit