Senin, 10 Oktober 2016

Published 21.57.00 by Admin

Cara Menurunkan Nafsu Makan - Cukup Dengarkan Musik Favoritmu

Cara Menahan Nafsu Makan

Cara mengontrol nafsu makan untuk program diet
by Thinkstock
Makan secara berlebihan merupakan kebiasaan yang buruk yang bisa berujung pada kegemukan bahkan lebih parah lagi adalah obesitas. Dengan kata lain hal ini adalah kebiasaan yang kurang baik, bahkan tidak mungkin berat badan anda akan naik seketika dalam waktu sekejap.

Mengkonsumsi makanan secara berlebihan seperti junk food, camilan dan ataupun mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi atau berlemak berpotensi menimbulkan penumpukkan lemak tubuh sehingga resiko penyakit obesitas bukan tidak mungkin dapat terjadi.

Memiliki tubuh yang idel adalah dambaan setiap orang tak terkecuali bagi mereka yang sedang mencoba diet rutin dengan harapan mendapat tubuh ideal. Tapi, apa jadinya jika diet anda dirusak oleh nafsu makan yang tidak terkontrol, tentu program diet anda akan dipastikan gagal total bukan.

Dengan nafsu makan yang tidak terkontrol akan membuat anda ingin melahap makanan apapun yang anda temui akibatnya berat badan malah bertambah dan program diet anda pun berantakan. Untuk mencegah kegagalan program diet anda, sangat disarankan untuk mengontrol nafsu makan anda.

Berikut beberapa tips sederhana untuk membantu anda dalam menekan dan menurunkan nafsu makan anda.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Tips praktis sederhana yang pertama adalah dengan mengkonusmsi air putih. Meskipun air putih tidak mengandung karbohidrat tapi cukup ampuh dalam mengatasi rasa lapar sesaat, bisa jadi rasa lapar anda kemungkinan timbul akibat kurangnya cairan dalam tubuh (dehidrasi). 

Bila muncul rasa lapar cobalah untuk minum segelas air putih terlebih dahulu lalu tunggulah beberapa saat apakah keinginan untuk makan masih ada.

2. Dengarkan Musik Favoritmu

Aktivitas mendengar musik ternyata mampu menimbulkan sensasi bahagia, hal ini disebabkan karena ketika mendengar musik tubuh akan mengeluarkan hormon seretonin yang umumnya hanya akan diproduksi ketika tubuh sedang mendapat asupan gula. Dengan hormon seretonin maka akan mampu menahan dorongan makan anda.

Akan lebih baik jika anda sedikit mengerakkan tubuh untuk membakar kalori, cukup praktis bukan untuk menurunkan nafsu makan sekaligus membakar kalori.

3. Pastikan Tidur Anda Cukup

Tidur sangat penting untuk mengembalikan stamina yang hilang setelah beraktivitas seharian, sebuah studi menyebutkan bahwa kurang tidur akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan konsentrasi serta dalam pengambilan keputusan. Kurangnya kemampuan dalam mengambil keputusan akan berdampak pula pada urusan makanan.

Kemampuan dalam mengontrol diri adalah bagian dari pengambilan keputusan. Bila seseorang kurang tidur maka kemampuan dalam mengontrol diri akan kurang hal ini juga termasuk dalam mengontrol dorongan nafsu makan.

4. Jangan Lupa Sarapan Secara Sehat

Sarapan adalah faktor penting dalam menjaga dan mengatur fungsi tubuh dalam memulai aktivitas, sarapan dengan kandungan protein tinggi akan membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga mampu menahan rasa lapar anda.

5. Makan Dalam Porsi Kecil

Jika anda terbilang orang yang sulit diet karena suka ngemil maka disarankan untuk makan dalam porsi kecil. Makanlah 5 hingga 6 kali sehari untuk menjaga agar perut anda terus terisi meskipun makan dalam porsi kecil. Lebih diutamakan anda mengkonsumsi lebih banyak sayuran dibanding makanan dengan karbohidrat yang tinggi.

Jika anda kesulitan melakukannya cara lainnya adalah dengan mengganti cemilan anda dengan buah apel. Buah apel dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk tubuh. Dibanding anda ngemil dengan snack atau makanan junkfood lainnya cobalah beralih ke buah apel.

6. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga mampu mengembalikan kebugaran tubuh setelah beraktivitas, merelaksasi otot-otot yang kaku serta mempu mengembalikan sensitivitas hormon yang mengatur rasa lapar ditubuh.

Jangan lupa selain berolahraga pastikan untuk mengkonsusmsi makanan rendah lemak, sayuran yang kaya akan serat, buah-buahan yang mengandung banyak vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh.
      edit