Sabtu, 01 Oktober 2016

Published 04.12.00 by Admin

Air Putih - 3 Aturan Dasar Minum Air Putih

Konsumsi air putih adalah sebuah rutinitas yang dilakukan setiap hari mengingat manfaat air putih yang besar selama proses biologis serta untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. 

Aturan & Waktu Minum Air Putih Yang Benar

Bayangkan apa jadinya bila seseorang tidak minum air putih ? tentu akan mengalami kondisi kekurangan cairan tubuh atau secara umum disebut dehidrasi. Tahukah kamu ternyata juga terdapat aturan minum air putih , tapi faktanya banyak orang yang minum air putih tapi tidak tahu aturan dan cara yang benar dalam melakukannya. Berikut ulasan aturan benar minum air putih untuk kesehatan

 

1. Jangan Benafas Ketika Minum Air Putih 

Aturan yang pertama adalah Saat bernafas maka tubuh akan mengeluarkan Karbon dioksida (CO2) apabila ketika minum sambil bernafas atau menghembuskan nafas ketika hendak minum maka  CO2 akan tercanpur dengan air dan menghasilkan Asam Karbonat yang menyebabkan air menjadi asid. 

Air putih yang berubah menjadi asid akan berdampak buruk untuk kesehatan. Hal ini juga berlaku sama bila meniup air , jadi jangan lakakan hal ini.

 

2. Duduk Ketika Minum Air Putih

Aturan yang kedua adalah duduk sambil minum air putih. Apabila seseorang minum dalam kondisi duduk maka penyaringan  air oleh sfringer akan bekerja, sfringer adalah suatu struktur maskuler yang bisa membuka dan menutup. 

Bila minum air putih sambil duduk Sfringer akan terbuka dan menyaring air yang masuk sebelum masuk ke kandung kemih. Bila air yang masuk tidak disaring oleh sfringer maka akan langsung menuju ke kandung kemih maka akan terjadi penumpukan dan pengendapan sisa limbah di ureter dan berpotensi menyebabkan peyakit kristal ginjal.

 

3. Minum Air Putih Secukupnya ( Wajar )

Aturan yang ketiga adalah minum secara wajar. Minumlah air putih sewajarnya dengan kata lain konsumsi air putih tidak terlalu sedikit juga tidak terlalu banyak. 

Minum air putih yang terlalu banyak dapat berpotensi meningkatkan risiko penyakit ginjal dan jantung serta hiponatraemia sedangkan minum air putih yang terlalu sedikit dapat meyebabkan dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan dalam tubuh.

 

4. Minum Air Putih Secara Bertahap

Aturan yang terakhir dan tidak kalah penting adalah lakukan secara bertahap. Yang dimaksud dengan minum air putih bertahap yakni minum tidak dalam waktu yang bersamaan. Mengapa minum air putih secara bertahap wajib dilakukan hal ini dikarenakan minum air putih dalam waktu yang sama dengan jumlah yang besar akan berdampak buruk untuk kesehatan. 

Jangan berpikir untuk minum 8 gelas pada pagi hari dengan harapan tubuh tidak akan kekurangan cairan lagi pada waktu siang hingga malam. 

Pada kenyataannya tubuh hanya akan mengambil cairan yang masuk sesuai dengan yang dibutuhkan, maka bila sejumlah besar cairan masuk ketubuh secara bersamaan dalam waktu yang sama hanya akan dibuang oleh tubuh.

Berikut waktu yang benar atau secara umum direkomendasikan Christopher Emille Jayanata dan Ahmad Kholil dalam bukunya yang berjudul Gaya Hidup Organik : Sehat Tanpa Mahal

  • Minumlah 1 gelas air putih saat bangun pagi sebelum beraktivitas atau sebelum sarapan
  • Minumlah 1 gelas air putih saat akan  mulai beraktivitas atau saat akan berangkat ke sekolah atau bekerja
  • Minumlah 1 gelas air putih saat akan berisitirahat  pada akhir waktu pagi atau sekitar pukul 11.00
  • Minumlah 1 gelas air putih saat akhir istirahat siang berakhir atau pada saat mulai aktivitas siang hari sekitar pukul 13.00 ( jam 1 siang )
  • Minumlah 2 gelas air putih saat menjelang sore atau antara pukul 14.00 ( jam 2 siang ) hingga pukul 17.00 ( jam 5 siang )
  • Minumlah 1 gelas air putih saat pukul 20.00 ( jam 8 malam) atau saat mengakhiri aktivitas pada malam hari atau saat menjelang tidur.
 
 

      edit