Selasa, 18 Oktober 2016

Published 14.54.00 by Admin

Demam Pada Anak - Jenis, Penyebab, dan Manfaat Demam Pada Anak

Demam Pada Anak

Jenis, Penyebab, dan Manfaat Demam Pada Anak
Foto : jagakesehatan

Jenis Demam Pada Anak

Setelah mengetahui definisi demam, ada baiknya Anda mengetahui berbagai jenis demam pada anak. Hal ini penting mengingat beberapa penyakit memiliki karakteristik demam yang khas, seperti demam step-ladder pada demam tifoid.

Jenis - Jenis Demam Pada Anak

Berikut beberapa jenis-jenis demam pada anak

1. Demam Remiten

Ditandai dengan demam naik-turun (suhu bervariasi dengan rentang lebih dari 1oC), tetapi penurunan suhu tidak pernah mencapai suhu normal, contohnya pada demam tifoid.

2. Demam Intermiten

Demam naik-turun, tetapi penurunan bisa mencapai suhu normal, contohnya pada penyakit malaria yang ditandai dengan demam siklus tiga harian (tersiana) atau demam siklus empat harian (kuartana).

3. Demam Kontinu

Demam terus-menerus. Kebanyakan penyakit infeksi memiliki jenis demam seperti ini, contohnya pneumonia, infeksi bakteri, dan sebagainya.

4. Demam Bifasik

Demam dengan bentuk seperti pelana kuda. jenis ini ditemukan pada penyakit demam berdarah dengue.

5. Demam Pel-ebstein

Demam lama (misalnya satu minggu) yang diselingi dengan periode tidak demam dengan jumlah hari yang sama, kemudian siklus berulang kembali. Contohnya pada penyakit Hodgkin

Penyebab Demam Pada Anak

Pada dasarnya, demam bukanlah penyakit melainkan tanda dari penyakit. Mayoritas penyebab demam pada anak adalah infeksi, baik karena bakteri maupun virus.

Selain karena infeksi, demam juga dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain :
  • Inflamasi atau peradangan
  • Penyakit autoimun seperti kawasaki atau lupus
  • Efek samping obat tertentu
  • Aktivitas fisik yang berlebihan
  • Berada di lingkungan yang terlalu panas dan lama
Demam merupakan mekanisme tubuh dalam menghadapi adanya ketidaknormalan di dalam tubuh. Sama seperti batuk (yang terjadi karena adanya benda asing yang masuk ke dalam saluran pernapasan) demam pun terjadi karena sebab tertentu.

Sejatinya, sistem pertahanan tubuh pada anak masih berada dalam tahap perkembangan. Karenanya tidaklah mengherankan bila pada akhirnya anak-anak mudah terserang demam. Infeksi, peradangan, dan beragam hal lainnya akan memicu tubuh untuk melawannya, yang salah satunya ditandai dengan demam.

Manfaat Demam Pada Anak


Prokontra tentang demam masih berlangsung hingga sekarang. Sebagian mengatakan bahwa demam itu baik dan dibutuhkan tubuh, sedangkan sebagian lainnya berpendapat bahwa demam itu merugikan dan berbahaya. Beberapa manfaat demam yang sudah diketahui, antara lain ;
  • Meningkatkan kerja sistem imun tubuh pada waktu sakit
  • Tubuh memproduksi lebih banyak sel darah putih (leukosit) pada suhu yang lebih tinggi (demam). Sel darah putih membantu sistem imun memerangi infeksi
  •  Mengurangi masa sakit
Berikut ulasan singkat seputar jenis, penyebab, serta manfaat demam. Semoga bermanfaat.
      edit