Senin, 10 Oktober 2016

Published 23.05.00 by Admin

Lapar - 7 Alasan Masuk Akal Mengapa Selalu Lapar

Penyebab Orang Selalu Kelaparan


Penyebab serta alasan cepat lapar
Thinkstock
Kondisi lapar adalah hal yang wajar dan umum dialami setiap orang. Lapar adalah kondisi dimana otak mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa sedang  kekurangan energi. Tapi apa jadinya jika anda selalu merasa lapar bahkan  beberapa jam setelah makan. Apakah hal ini wajar, tentu saja ada penyebab dari kondisi yang kurang wajar ini bukan. Rasa lapar timbul meskipun sedang dalam kondisi aktivitas yang biasa ternyata memiliki alasan.

Berikut ini bebapa alasan mengapa rasa lapar selalu menghinggapi meskipun baru saja makan.

1. Kondisi Udara yang dingin

Perubahan cuaca dari cuaca panas menjadi dingin ternyata mampu menghabiskan energi tubuh lebih cepat apalagi bila anda sedang berada dalam ruangan ber-AC. Rasa lapar dapat dipicu oleh perubahan suhu dingin di lingkungan hal ini diakibatkan karena tubuh akan mencoba menstabilkan atau menormalkan suhu tubuh sehingga menghabiskan lebih banyak energi untuk melakukannya.

Untuk menormalkan perubahan suhu lingkugan tersebut, maka tubuh membutuhkan bahan bakar atau energi yang lebih besar. Respon dari pembakaran energi yang cepat ini akan menyebabkan tubuh mengirimkan sinyal rasa lapar. Oleh karena itu, jika anda sedang berada di daerah yang bercuaca dingin tubuh akan lebih cepat membakar energi sehingga membuat orang cepat merasa lapar.

2. Sedang Hamil

Sebuah studi menyebutkan bahwa ibu hamil memang sangat rentan terhadap rasa lapar apalagi bila disertai dengan aktivitas berat yang menguras lebih banyak energi. Pastikan untuk tetap mengontrol jumlah asupan energi yang masuk ke tubuh agar tidak terserang kegemukan.

3. Kekurangan cairan Tubuh (Dehidrasi)

Dehidrasi adalah kondisi dimana tubuh sedang dalam kondisi kekurangan cairan. Rasa lapar yang timbul dapat diatasi dengan minum segelas air dan tunggulah beberapa menit. Umumnya ini adalah kondisi rasa lapar sesaat.

4. Stres

Kondisi stres ternyata mampu memicu rasa lapar serta meningkatkan nafsu makan yang tidak terkontrol terutama jenis makanan yang mengandung lebih banyak kalori tinggi.Saat pikiran anda sedang stres ternyata menyebabkan tubuh menjadi cepat lapar. Namun hal ini yang juga dapat menyebabkan terjadinya kenaikan berat badan yang cepat, pasalnya hampir sebagian orang yang sedang dalam kondisi stress melampiaskannya dengan makan yang banyak.

5. Makan Terlalu Cepat

Bila sedang menyantap makanan pastikan kunyah makanan hingga benar-benar halus sebelum ditelan. Makanan yang dikonsumsi tanpa melewati proses mekanik yang benar akan menyebabkan seluruh nutrisi tidak tercerna secara sempurna sehingga menyebabkan kandungan nutrisi yang makanan yang dikonusmsi  lebih sedikit dari seharusnya. hal inilah yang memicu rasa lapar

6. Melewatkan Sarapan Pagi

Sangat penting untuk tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Pada malam hari ketika anda sedang tidur tidak ada nutrisi atau makanan yang masuk ke tubuh anda hingga pagi hari. Bayangkan bila anda melewatkan sarapan pagi maka perut anda akan terus kosong hingga menjelang makan siang. Tentunya antara pagi hari hingga siang anda akan terus merasa kelaparan, meskipun anda berinisiatif untuk makan cemilan dengan kalori rendah tentu tidak akan menghilangkan rasa lapar anda.

7. Minum Minuman Mengandung Soda Dan Alkohol

Salah satu Penyebab perut selalu merasa cepat lapar adalah akibat minum minuman yang bersoda atau minuman beralkohol. Minum minuman beralkohol atau bersoda sesaat sebelum makan menyebabkan tubuh anda akan lebih cepat lapar. Hal ini dikarenakan ketika makanan masuk ke minuman tersebut. Ditinjau dari segi kesehatan, minuman beralkohol atau bersoda kurang baik untuk kesehatan tubuh.
      edit