Kamis, 13 Oktober 2016

Published 00.53.00 by Admin

Segudang Manfaat Air kelapa Muda Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Air Kelapa 

Manfaat Air kelapa Muda Untuk Kesehatan Dan Pengobatan
SHUTTERSTOCK
Katasehat.com - Pohon kelapa adalah salah satu pohon yang paling banyak digunakan bagian pohonnya untuk keperluan manusia. Dimulai dari akar, batang, daun, bahkan buah kelapa serta kandungan air yang terdapat dalam buah kelapa.

Air kelapa telah lama diketahui memiliki berbagai macam khasiat untuk tubuh, dengan berbagai ragam nutrisi yang ada pada air kelapa maka disarankan meminum air dari buah kelapa secara rutin. Air kelapa dengan jumlah kalori 19 kcal merupakan minuman yang telah diketahui hampir seluruh masyarakat Indonesia. Umunya air kelapa digunakan sebagai penghilang rasa haus atau untuk mengatasi dehidrasi tubuh.

Pada dasarnya terdapat perbedaan khasiat kelapa muda dan kelapa tua, pada air kelapa tua mineral serta elektrolit yang ada pada kelapa muda sudah terserap masuk ke daging buah kelapa sehingga khasiatnya mulai menurun.

Kandungan Gizi Air Kelapa

Berikut sajian kandungan gizi dari air kelapa dalam jumlah per 100 gr.
  • Kalium =  250 mg
  • Kalsium =  24 mg
  • Karbohidrat =  3,7 gr
  • Lemak jenuh = 0,2 gr
  • Magnesium = 25 mg
  • Natrium = 105 mg
  • Protein = 0,7 gr
  • Vitamin C = 24 mg
  • Zat Besi = 0,3 mg

Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Air kelapa adalah salah satu pelembab alami yang sangat aman untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak kering dan sehat. Mengapa merupakan pelembab alami paling aman hal ini karena saat menggunakannya pada kulit tidak ada zat kimia lain yang mengkontaminasi air kelapa sehingga sangat aman. Ketika kulit sedang kusam cara sederhana menggunakan air kelapa yaitu dengan memercikkan air kelapa ke kulit yang kering atau dehidrasi sehingga kelembaban serta kesehatan kulit akan kembali.

Selain itu air kelapa muda juga sangat baik untuk mencegah kulit keriput dan infeksi kulit. Bukan hanya itu, air kelapa juga mengandung sifat minyak sehingga apabila digunakan secara teratur maka akan dapat menghilangkan permasalahan kulit wajah seperti jerawat, komedo, serta flek hitam.

Untuk mengatasi bekas luka akibat jerawat dan cacar dapat diatasi, cukup mengkonsumsinya dengan minum segelas air kelapa secara teratur.

2. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Dengan kandungan nutrisi pada air kelapa akan mampu memperlancar aliran serta sirkulasi darah, hal ini karena untuk memperlancar sirkulasi darah maka dibutuhkan sejumlah oksigen di kulit dan air kelapa mampu membersihkan pori-pori kulit sehingga kotoran yang terdapat di kulit dapat hilang.

3. Mengganti Cairan Tubuh Saat Olahraga

Dikutip dari Eating Well, air kelapa telah lama dikenal sebagai minuman alami yang baik sehabis berolahraga. Minuman ini juga baik dikonsumsi ketika sedang melakukan olahraga ringan. Sekitar 1 gelas air kelapa mampu mengganti kurang lebih 10%  kalium-elektrolit dari dosis harian yang hilang setelah berolahraga.

Namun manfaatnya akan berkurang ketika Anda berkeringat cukup banyak atau setelah melakukan aktivitas yang tergolong berat. Sebab ketika berkeringat, tubuh kehilangan sodium 10 kali lebih banyakketika melakukan aktivitas dibandingkan natrium. Sedangkan kandungan nutrisi air kelapa hanya mengandung sodium krang lebih 30 mg untuk tiap 1 gelas.

4. Mengatasi Gangguan kencing (Buang Air Kecil)

Bagi yang sedang mengalami gangguan buang air kecil yang sederhana adalah degan mengkonsumsi air kelapa, berbagai permasalahan seputar gangguan saluran air kencing dapat diatasi dengan air kelapa muda, termasuk gangguan seperti sering kencing atau susah kencing.

5.  Mengatasi Keracunan

Kandungan nutrisi pada air kelapa muda diperkaya mampu menetralisir racun yang masuk ketubuh, Selain itu, minum air kelapa juga dapat membuang racun yang tidak diinginkan oleh tubuh bahkan mampu mengurangi rasa lapar.

6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa diketahui mampu menyeimbangkan elektrolit, air kelapa muda merupakan cairan yang bersifat isotonik, sehingga dipercaya mampu mengantikan mineral serta elektrolit yang hilang bersama dengan cairan tubuh akibat rutinitas yang dilakukan tiap hari. 

Bahkan organisasi pangan pertanian dunia atau FAO pernah melakukan penelitian  dan berupaya mematenkan air kelapa muda sebagai minuman kaya isotonik. Kandungan elektrolit yang tinggi di tubuh akan menyebabkan meningkatnya tekanan darah, jadi sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan elektrolit di tubuh.




      edit