Jumat, 14 Oktober 2016

Published 11.07.00 by Admin

Segudang Manfaat jambu Biji Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat dan Khasiat Jambu Biji 

Foto : sehatcenter
Katasehat.com - Jambu biji atau sering juga disebut jambu batu, jambu klutuk, jambu siki merupakan tanaman tropis yang berasal dari negara brasil dan menyebar ke negara Indonesia melalui negara Thailand. Karakteristik jambu biji/batu adalah daging buahnya yang berwarna merah atau putih, serta memiliki rasa asam-manis. Buah jambu terkenal memiliki kandungan vitamin C yang relatif tinggi. Bahkan kandungan vitamin C pada sebuah jambu biji dapat memenuhi kebutuhan gizi 2 orang dengan kisaran usia 13 - 20 tahun.

Jambu biji dapat dikonsumsi dengan berbagai cara seperti dengan cara langsung dikonsumsi atau di olah menjadi jus. Dengan jumlah kalori per 100 gr sebesar 68 Kcal terdapat banyak nutrisi yang akan didapatkan dari mengkonsumsi jambu biji diantaranya vitamin, kalium, kalsium dan lainnya.

Kandungan Gizi Jambu Biji

Berikut disajikan kandungan gizi jambu biji merah per 100 g

  • Air = 86 gram                                               Asam pantotenat = 0.451 mg
  • ß-karoten = 374 mcg                                    Folates = 49 mcg 
  • Fosfor = 11 mg                                             Kalium 417 mg
  • Kalsium = 18 mg                                          Karbohidrat = 14,3 g 
  • Lemak = 0,95 g                                             Lycopene = 5204 mcg
  • Magnesium = 22 mg                                     Natrium = 2 mg
  • Niacin = 1,084 mg                                        Protein = 2,55 g
  • Pyridoxine = 0,110 mg                                 Riboflavin = 0,040 mg
  • Selenium = 0.6 mcg                                      Seng = 0,23 mg
  • Tembaga = 0,230 mg                                    Thiamin = 0,067 mg 
  • Vitamin A = 624 IU                                      Vitamin C = 228 mg 
  • Vitamin E = 0,73 mg                                     Vitamin K = 2.6 mcg
  • Zat Besi = 0,26 mg

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat yang terkandung pada buah jambu biji. Berikut ulasannya manfaatnya

1. Menjaga Kesehatan Mata Dan Kulit

Dengan kandungan beta karoten dan vitamin A yang relatif tinggi, maka jambu biji bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, infeksi serta penyakit mata lainnya seperti katarak. Kandungan vitamin A juga didapatkan dari sayuran seperti wortel atau ubi jalar. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin juga sangat baik untuk kesehatan kulit  karena mengandung antioxidan.

2. Melancarkan Pencernaan, Mengatasi Diare Serta Sembelit

Jambu biji mengandung serat alami yang sangat baik untuk tubuh khuusnya untuk melancarkan pencernaan. Bahkan kandungan serat pada buah jambu biji 4 kali lipat lebih banyak dibanding buah nanas. Dengan Kandungan serat yang relatif tinggi akan mampu menurunkan serta membantu penyerapan kadar gula darah oleh tubuh, dengan kata lain akan mampu menurunkan hormon insulin dan glukosa

Selain bermanfaat dalam melancarkan sistem pencernaan, serat alami juga mmapu mengatasi diare serta sembelit. Untuk mengatasi sembelit cukup kunyah bijinya karena biji jambu dapat berguna sebagai obat pencahar, selain juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan serta membersihan usus.

Jambu biji mengandung senyawa astrigen yang mampu menyusutan jaringan yang terdapat ditubuh, bukti bahwa adanya senyawa astrigen dalam jambu biji yaitu gusi akan terasa keras setelah memakan jambu biji. Senyawa astrigen dipercaya mampu mengatasi penyakit diare karena mampu menghambat pertumbuhan mikroba saat terserang diare atau disentri.

3. Menurunkan Risiko Hipertensi Serta Mencegah Kanker

Sebuah studi menyatakan bahwa kurangnya serat pada makanan yang dikonsumsi akan meningkatkan tekanan darah, hal inilah yang menjadi alasan mengapa jambu biji dipercaya mampu menurunkan risiko hipertensi.

Jambu biji diperkaya dengan serat alami serta hipoglikemik sehingga mampu menurunkan risiko hipertensi, mencegah terjadinya penebalan darah, serta mempertahankan cairan atau fluiditas darah. Jambu biji juga mengandung kalium yang bermanfaat untuk menjaga tubuh Anda dari pengaruh eksternal yang dapat merusak kestabilan tekanan darah.

Vitamin B3 dan B6 yang dalam buah jambu biji merah juga efektif dalam menjaga fungsi otak dengan cara melancarkan sirkulasi darah.

Salah satu kandungan jambu biji yang sangat penting adalah antioxidan yang bermanfaat dalam menangkal radikal bebas, Karena jambu biji mengandung zat antioksidan berupa flavonid dan fitonutrien, maka jambu biji terbukti mampu mencegah risiko penyakit kanker. Kandungan vitamin C dengan dosis yang relatif tinggi  juga sangat bermanfaat untuk menetralkan serta menangkis radikal bebas penyebab kanker.

4. Jambu Biji Sebagai Menu Diet

Jambu biji sangat cocok dimasukkan dalam program diet bagi Anda yang ingin memperoleh berat badan ideal. Buah ini kaya akan vitamin, serat memiliki karbohidrat yang mudah tercerna dalam jumlah rendah. Dibandingkan buah apel, jeruk, dan anggur, Kadar gula jambu biji juga termasuk paling rendah dibanding buah yang lain.

5. Jambu Biji Untuk Perawatan Kulit

Buah jambu merah sangat efektif untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit, hal ini dikarenakan dalam jambu biji mengandung vitamin C, beta-karoten dan juga antioksidan yang tergolong relatif tinggi. Sehingga mampu membuat kulit menjadi tampak lebih cerah, lembut serta melindungi dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering dan berminyak serta gangguan kulit lainnya.

Selain mampu menjaga kulit tetap bersinar manfaat jambu biji juga mampu membebaskan diri dari tanda-tanda penuaan dini serta kerutan di kulit.

Manfaat lainnya dari jambu biji adalah melindungi kulit dari paparan sinar UV karena menganduung likopen, anti penuaan karena mengandung vitamin A, B, C dan kalium, sebagai toner kulit alami, serta mengatasi dan mengobati permasalahan kulit lainnya seperti iritasi, kemerahan, lingkar hitam serta bintik hitam di wajah.






      edit