Kamis, 06 Oktober 2016

Published 18.33.00 by Admin

Bibir Kering - Penyebab dan Resep Ampuh Mengatasi Bibir Kering

Bibir kering- Cara Mengatasi Bibir Kering

Langkah Mudah Atasi Bibir kering Dan Pecah
Foto : dfemale
 
Mendapati bibir Anda kering dan pecah bukan merupakan sesuatu yang menyenangkan dan tidak enak dipandang mata. Bibir pecah-pecah atau retak-retak (cheilitis) adalah suatu kondisi yang sangat umum dan kebanyakan orang mungkin pernah mengalaminya. Bibir merah merona adalah impian bagi tiap orang tapi apa jadinya jika malahan bibir anda menjadi putih pucat dan kering. Kulit kering yang mengerut dan pecah di sekitar bibir akan mengurangi daya tarik dan penampilan Anda.

Apakah anda tahu, apa penyebab bibir pecah-pecah ? Bibir yang mengalami pecah-pecah pada umumnya disebabkan oleh karena hilangnya kelembaban alami pada kulit bibir anda, sehingga dapat menyebabkan bibir kering dan munculnya perasaan tidak nyaman disekitar mulut.

Banyak faktor yang dapat menimbulkan bibir menjadi kering dan pecah yang paling umum adalah karena faktor cuaca yang berlebihan misalnya akibat kondisi cuaca yang dingin, lembab, atau terlalu panas, dehidrasi, atau karena penggunaan obat jerawat(retinoid). 

Perlu diketahui bahwa bibir pecah-pecah tidak hanya disebabkan saat musim panas atau musim kemarau saja namun dapat juga menyerang setiap orang di segala musim. Dengan demikian, akan sangat penting untuk Anda menjaga serta memperhatikan beberapa ulasan di bawah ini sebagai upaya preventif untuk mengatasi permasalahan kulit bibir Anda.

Berikut resep ampuh untuk mengatasi permasalahan kulit bibir Anda 


1. Oleskan lip balm atau biasa kita kenal sebagai pelembab bibir disarankan untuk menggunakan pelembab bibir berbentuk stik yang tidak mengeluarkan aroma pada bibir Anda

2. Untuk kondisi siang hari dengan cuaca matahari yang begitu panas disarankan menggunakan pelembab bibir yang mengandung SPF 15

3. Hindari memakan makanan jeruk dan lemon atau yang serupa yang memilki tingkat keasaman yang relatif tinggi

4. Pada saat Anda bernafas pastikan anda bernafas melalui hidung bukan mulut. Hal ini dikarenakan apabila Anda bernafas melalui mulut maka akan menyebabkan bibir anda dalam kondisi kering. Bila diperlukan oleskan almond oil sesekali

5. Hindari terlalu sering menyentuh area bibir. Hal yang kebanyakan atau secara umum dilakukan oleh orang-orang adalah dengan membasahi atau menjilati bibirnya dengan air liur. Alasannya karena air liur atau saliva akan menguap dengan cepat yang justru akan meninggalkan bibir yang lebih kering daripada kondisi sebelumnya dan malah akan dapat memperparah bibir yang menjadi pecah-pecah . Jangan lakukan hal tersebut cobalah untuk menghindari kebiasaan menjilati bibir

6. Bagi Anda seorang wanita yang ingin menggunakan lipstik, pastikan produk lipstik yang anda gunakan mengandung vitamin E dan anti-kering.

7. Bagi Anda penyuka produk pasta gigi yang mengandung aroma cobalah untuk menghindarinya karena mungkin dapat menyebabkan bibir anda menjadi kering, atau beralih menggunakan produk pasta gigi tanpa aroma.

8. Jika sabun pencuci muka anda mengandung bahan yang cukup keras apabila mengenai kulit, cobalah untuk menghindari di sekitar area kulit bibir. Disarankan melipat bibir kedalam mulut saat membilas muka.

9. Cobalah menggunakan irisan mentimun untuk kulit bibir Anda. Mentimun memiliki sifat diuretik, mengandung efek pendingin dan serta mampu sebagai pembersih dan memiliki kandungan air yang tinggi, memiliki kandungan vitamin A , B , C sehingga akan sangat baik bagi kulit bibir Anda.

10. Hindari penggunaan zat-zat yang menimbulkan alergi. Sebaiknya Anda tidak menggunakan bahan kosmetik yang mengandung camphor dan mentol

11. Hindari terlalu banyak bicara agar rasa perih dan sakit tidak berkepanjangan karena menyebabkan gesekan pada kulit bibir saat membuka dan menutup bibir

Sebagian besar masalah kulit bibir tersebut dapat dicegah serta diatasi dengan langkah-langkah yang sederhana. Namun dalam kondisi tertentu ketika masalah tidak kunjung hilang (persisten), disarankan Anda berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
      edit