Kamis, 06 Oktober 2016

Published 17.31.00 by Admin

Info Kesehatan : Bahaya Bintik Putih Pada Kuku

Bintik Putih Pada Kuku

Munculnya binik putih pada kuku
Foto: cosmopolitan
Katasehat.com - Apakah pernah mendapati munculnya bintik putih pada kuku Anda, apa maksud dari timbulnya bintik putih pada kuku. Inilah pertanyaan yang akan muncul bila dalam pikiran Anda bukan?. Banyak juga yang percaya bahwa penyebab timbulnya bintik putih putih tersebut akibat kekurangan kalsium dan zinc pada tubuh ataukah ini merupakan sebuah sinyal atau pertanda bahwa sedang terdapat masalah pada tubuh anda, pertama mari kita bahas terlebih dahulu apa itu bintik putih pada kuku

Apa itu Bintik Putih Pada kuku

Kuku adalah salah satu bagian penting dalam tubuh kita yang akan terus tumbuh atau memanjang kuku terbentuk dari struktur protein keras yang disebut keratin. Sebenarnya bintik putih pada kuku anda adalah sebuah keadaan atau kondisi yang dinamakan Punctate leukonychia (leukonikia). Adalah kondisi dimana kuku sedang mengalami trauma akibat suatu keadaan. Lantas apa penyebab Lukonikia tersebut?

Penyebab Bintik Putih Pada kuku (Leukonychia)

Faktor utama penyebab munculnya bintik putih pada kuku adalah munculnya trauma ringan yang tidak berbahaya pada matriks, yakni kumpulan sel di bawah lapisan kutikula yang berfungsi membentuk lapisan kuku ataukah akibat benturan keras yang tidak disengaja.

Secara umum kondisi leuconychia tidak memerlukan penanganan khusus dan pengobatan apapun. Dan berbagai sumber mengatakan bahwa bintik putih pada kuku ini akan menghilang bila secara rutin memotong kuku ketika tumbuh dan bertambah panjang. Apabila tidak terjadi trauma lagi atau benturan keras yang tidak disengaja maka, tanda putih pada kuku ini umumnya tidak akan muncul lagi.

Selain itu, ada penjelasan lain penyebab bintik putih susu yakni akibat adanya infeksi jamur dan bakteri pada kuku. Ketika antibodi pada tubuh sedang bekerja sehingga menghabiskan banyak energi  sehingga memperlambat pertumbuhan yang dianggap kurang penting seperti kuku.

Alasan lain yaitu akibat faktor rambut kering dan dan rapuh yang disebabkan karena tubuh sedang kekurangan kalsium dan zinc, selain itu bisa juga akibat penggunaan secara berlebihan produk untuk kuku misalnya cat kuku, pengkilap kuku, atau pengkilap kuku.

Pada kasus yang tergolong berat atau parah yang menyebabkan munculnya bintik putih pada seluruh kuku baik kuku pada jari tangan ataupun pada kaki menandakan sedang adanya masalah penyakit serius pada tubuh seperti herpes, malaria, liver, sirosis, ginjal, anemia, diabetes.

Cara Menangani Dan Mengobati Bintik Putih Pada Kuku

Untuk penanganan dan pengobatan pada bintik kuku sebenarnya cukup membiarkan kuku anda tumbuh dan memanjang dan memotongnya bila bintik putih tersebut hanya terdapat dibeberapa bagian kuku saja, namum bila telah menyebar ke seluruh kuku baik kuku pada jari tangan dan kaki maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.
      edit