Kamis, 03 November 2016

Published 06.02.00 by Admin

Kebiasaan buruk - Ini Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak

Hindari Kebiasaan Buruk Ini Agar Otak Tidak Lemot


Kebiasaan Buruk Yang Merusak Otak dan membuatnya menjadi lemot


Otak menjadi bagian yang penting dan menjadi pusat kendali dari mekanisme tubuh. Sehingga bisa dibilang otak yang ada di bagian kepala Anda sangatlah berharga. Untuk itu wajib bagi kita untuk menjaganya agar tetap sehat. Namun seringkali disadari atau tidak individu justru melakukan kebiasaan yang tidak baik untuk otak. Hindari beberapa hal berikut agar otak Anda tetap sehat dan bisa berfungsi dengan optimal.

 

Ini Dia Kebiasaan Buruk yang Merusak Otak 



Tidak Sarapan

Kebiasaan buruk yang pertama adalah tidak sarapan. Sesibuk apapun pagi hari Anda, luangkan waktu untuk sarapan. Melewatkan waktu sarapan berdampak negatif. Mereka yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah lebih rendah. Ketika Anda tidur di malam hari selama berjam-jam, otak kekurangan nutrisi yang harus segera diasup kembali. Jika Anda terbiasa tidak sarapan selama bertahun-tahun itu dapat menyebabkan degenerasi otak.

Terlalu Banyak Makan

Selapar apapun Anda terlalu banyak makan merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Seringkali Anda mengabaikan intuisi tubuh. Meski otak sudah mengirimkan sinyal kenyang, Anda tetap tergoda untuk makan lagi. Ternyata makan berlebihan, selain menyebabkan berat badan bertambah juga menyebabkan pengerasan arteri otak yang berdampak penurunan kinerja berpikir. Oleh karena itu makan secukupnya 

Merokok

Kebiasaan buruk yang satu ini tentu sangat sulit dihilangkan khususnya bagi perokok aktif. Meskipun merokok diketahui memiliki efek buruk untuk kesehatan, banyak orang tetap mempertahankan kebiasaan merokok. Tahukah Anda, efek samping lain dari merokok adalah menyebabkan penyusutan beberapa bagian otak. Merokok juga diduga merupakan penyebab Alzheimer dan penyakit demensia lainnya

Konsumsi Gula Berlebihan

Tanpa sadar kita sering mengkonsumsi gula yang berlebih, makan eskrim, coklat, ataupun manisan lainya yang memiliki kadar gula yang tinggi merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak otak Anda. Banyak yang kurang menghiraukannya, padahal membatasi penggunaan gula memberi manfaat yang lebih untuk kesehatan Anda. Konsumsi gula yang tinggi telah terbukti mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap protein dan nutrisi. Akibatnya, bisa menyebabkan gizi buruk dan gangguan perkembangan otak.

Kurang Tidur

Bagi yang sering begadang tentu akan mengalami yang namanya kurang tidur. Kurang tidur dalam jangka panjang mempercepat kematian sel-sel otak. Padahal kita perlu menjaga sel-sel otak agar hidup selama mungkin! Tidur memberikan otak Anda kesempatan beristirahat dan regenerasi setelah seharian bekerja, melelahkan dan kadang-kadang stres. Jadikan tidur sebagai prioritas.

Memaksa Otak Bekerja Saat Sakit

Ketika tubuh menunjukkan tanda-tanda sakit, sering kali tubuh memberitahu kita untuk beristirahat dan mengembalikan gaya hidup sehat. Selain tubuh, otak  juga membutuhkan istirahat! Memaksakan diri terus belajar atau bekerja serta melakukan rutinitas harian padahal kita sedang sakit dapat menurunkan efektivitas otak dan merusak otak. Batasi aktivitas Anda ketika kondisi tubuh kurang baik karena hal ini akan buruk untuk otak.

Kurang Merangsang Daya Pikir

Saat dalam kondisi sehat jangan ‘malas mikir’. Berpikir adalah alat yang ampuh dalam membantu Anda memperkuat dan menyehatkan otak. Jika tidak digunakan atau dirangsang dengan hal-hal baru, maka otak Anda perlahan akan menyusut. Teruslah mempelajari hal-hal yang baru sehingga mampu merangsang daya pikir serta kinerja otak anda.

Polusi Udara

Selain kebiasaan yang buruk yang bisa merusak otak, faktor eksternal lainnya seperti polusi udara juga mempengaruhi kesehatan otak. Memang paparan polusi udara sulit dihindari di kota-kota besar maupun kota-kota Industri. Namun salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu menggunakan masker saat berjalan-jalan di luar rumah.

Otak membutuhkan jumlah oksigen yang luar biasa banyak untuk dapat berfungsi dengan baik. Terus-menerus menghirup polusi mengurangi suplai oksigen dan menyebabkan penurunan efisiensi otak. Jika memungkinkan janganlah terlalu lama berada diwilayah yang udaranya berpolusi tinggi.

Jarang Bicara

Ini adalah kebiasaan buruk yang harus Anda hindari. Berbicara dengan orang lain membantu otak Anda untuk tumbuh dan berkembang. Berpartisipasi dalam percakapan intelektual akan memberi stimulus dan memperkuat otak Anda serta membantu efisiensi otak dari waktu ke waktu.


      edit