Selasa, 11 Oktober 2016

Published 01.41.00 by Admin

Cara Memasak Sayuran - Resep Memasak Sayur Yang Benar Dan Sehat

 Cara Sehat Memasak Sayuran

Bagaimana Mengolah Sayuran Untuk Menjaga kandungan Nutrisi Tetap Terjaga

Bagaimana Mengolah Sayuran Untuk Menjaga kandungan Nutrisi Tetap Terjaga
Foto : Getty Images
Sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan serat serta vitamin yang baik untuk tubuh. Sayangnya banyak yang kurang tahu cara mengolah sayuran yang tepat sehingga kebanyakan nutrisi pada sayuran dapat berkurang.

Bagi kalian para kaum hawa tentunya harus mengetahui cara memasak, mencuci, serta menyimpan bahan sayuran secara tepat agar kandungan nutrisi pada sayuran tidak berkurang saat proses pengolahan.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan setelah membeli sayuran yang kemudian hendak diolah.

1. Cuci Sayuran Dengan Air mengalir


Setelah mencek kualitas sayuran langka pertama adalah mencuci sayuran untuk menghilangkan kotoran serta pestisida yang menempel bila sayuran yang dibeli bukan sayuran organik. Yang harus anda perhatikan adalah sayuran yang dicuci menggunakan air yang mengalir bukan dengan memasukkan air kedalam baskom lalu mecucinya dibaskom.

2. Rendam Sayuran Selama 1 jam


Bila anda akan mengolah sayuran, saat hendak memotong-motong sayuran gunakan talenan serta pisau yang berbeda dengan pisau yang digunakan untuk memotong daging. Rendamlah sayuran kedalam baskom selama 1 jam, lalu keringkan dan masukkan kedalam kulkas

Mungkin sebagian dari anda akan melakukan hal ini, " setelah membeli sayuran maka akan langsung dimasukkan kedalam kulkas dan ketika akan diolah baru dicuci, ini adalah hal yang salah seharusnya cuci dulu hingga bersih baru dimasukkan ke dalam kulkas "

Sedikit tips jika anda akan mencuci buah lakukan hal yang sama seperti sayuran dengan merendam ke dalam baskom. Bisa juga dengan menambahkan air dengan sabun khusus pencuci buah bila ada. Pastikan menggosok permukaan kulit buah  dan bilas hingga bersih.

3. Memasak Sayuran


Ketika hendak memasak sayur pastikan untuk tetap menjaga suhu panci agar tidak terlalu panas. Hal yang paling penting adalah pastikan untuk tidak memasak sayuran terlalu lama dalam suhu yang tinggi karena nutrisi vitamin akan berkurang.

Beberapa jenis sayuran memiliki Antioksidan kuat seperti dalam wortel, brokoli, dan lain sebagainya yang apabila dimasak terlalu matang dan lama akan menghilangkan kandungan antioksidannya. Sayuran yang mengandung Antioksidan cukup efektif untuk mencegah kanker.

Pada dasarnya pengolahan sayur yang baik adalah dengan dikukus, meskipun menggunakan teknik pengolahan apapun nutrisi vitamin pada sayuran kemungkinan akan berkurang tapi disarankan lebih baik memilih dengan cara mengkukus.

4. Cara Lain Mengolah Sayuran


Ada banyak cara mengolah sayuran meskipun mengkukus sayuran adalah cara terbaik. Cara lain seperti

  • Menumis Sayuran
Sayuran yang berbentuk panjang seperti kangkung dan buncis umunya diolah dengan cara ditumis. Tumislah sayuran dengan jangka waktu yang relatif singkat sekitar 3 hingga 4 menit untuk menjaga kandungan nutrisi sayuran tetapterjaga lalu tutup sebentar sekitar 2 menit.

Jika anda mengolah bawang putih dengan cara mencincangnya pastikan dibiarkan sekitar 15 menit sebelum ditumis, hal ini karena bawang putih yang bereaksi dengan udara akan mengeluarakan senyawa yang berguna melawan kanker
  • Merebus Sayuran
Bila Anda memilih untuk mengolah sayur dengan cara merebusnya disarankan untuk tidak menggunakan air yang terlalu banyak dan hindari merebus sayuran dalam waktu yang relatif lama untuk menjaga kandungan nutrisi penting dalam sayuran tetap terjaga.

Jika anda merebus sayuran seperti kentang maka rebus bersama kulitnya, hal ini akan menjaga kandugan vitamin C pada kentang tetap terjaga. Selama proses perebusan pastikan menutup rapat panci agar kandungan nutrisi tidak menguap.

Satu lagi hal yang penting ketika hendak mengolah sayuran dengan cara merebus pastikan tidak memasukkan sayuran kedalam air rebusan yang hampir mendidih dengan tujuan untuk menjaga kadar vitamin C, sayuran yang langsung dimasukkan ke dalam air dingin maka kandungan vitamin C akan berkurang 10 hingga 20 kali lipat. Masaklah sesingkat mungkin.
      edit