Jumat, 14 Oktober 2016

Published 20.36.00 by Admin

1001 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Manfaat Buah Manggis

manfaat buah manggis
Foto : jusamazonplus
Buah manggis adalah salah satu buah yang sangat terkenal bahkan dalam sektor perdagangan dikenal dengan julukan "Ratu Buah". Pohon buah manggis hidup di daerah tropika yag diyakini berasal dari daerah negara Indonesia.  Kulit buah manggis berwarna merah keungguan ketika sudah matang dan daging buahnya berwarna putih. 

Buah ini dikatakan sebagai "ratu buah" karena pada buah manggis terdapat seperti sebuah mahkota dibagian atasnya, selain itu kandungan antioxidannya merupakan yang tertinggi di dunia. Manggis telah lama digunakan sebagai obat tradisional di negara asia yang dimulai saat abad ke-18. 

Buah manggis dapat disantap dengan 2 cara yaitu dengan cara langsung dimakan dalam keadaan matang ataupun diolah menjadi jus, sirup atau olahan lainnya.

Kandungan Nilai Gizi Buah Manggis

Selain memilki kandungan antioxidan tertinggi di dunia, buah manggis juga memiliki nutrisi lain yang sangat baik untuk menjaga serta memelihara kesehatan tubuh.

Berikut rincian kandungan gizi buah manggis berdasarkan 100 gr
  • Energi = 63 Kcal
  • Karbohidrat = 15,6 gr
  • Protein = 0,5 gr
  • Lemak = 0,4 gr
  • Serat = 5, 10 gr
  • Vitamin A = 5 IU
  • Vitamin C = 7,2 mg
  • Kalsium = 5,49 mg
  • Sodium = 7 mg
  • Potasium = 48 mg
  • Magnesium = 13,9 gr 
Untuk lebih detailnya kandungan gizi buah manggis silahkan lihat tabel dibawah

Tabel kandugan gizi buah manggis
Kandungan Gizi Buah Manggis Per 100 gr

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Berikut manfaat serta khasiat buah manggis untuk kesehatan tubuh

1. Kaya Akan Nutrisi Serta Gizi Yang Baik Untuk Tubuh

Tak dipungkiri lagi bahwa kandungan nutrisi pada buah manggis sangat baik untuk tubuh terutama kandungan antioksidannya yang luar biasa.  Antioksidan diketahui sangat efektif dalam menangkal radikal bebas serta polusi yang ada di lingkungan anda.

Bahkan sebuah hasil tes laboratorium dari ORAL (pengujian dalam menangkal radikal bebas)  bila buah manggis diolah menjadi jus maka kemampuannya untuk menahan radikal bebas 20-30 kali lebih baik dibanding  buah dan sayuran dengan jumlah yang sama.

Kandungan vitamin C serta vitamin E juga mampu mengangkat radikal bebas sehingga mampu menjaga kebugaran tubuh. Manggis juga kaya akan serat kalsium, magnesium, potasium yang tergolong relatif tinggi.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Dengan banyaknya senyawa anti kanker yang terdapat dalam kandungan buah manggis sehingga mampu menurunkan risiko seseorang mengidap penyakit kanker. Senyawa tersebut diantaranya catechin yang antioksidannya 5 kali lebih kuat dari kandungan antioksidan jeruk, alpha mangostin berfungsi sebagai antioksidan, Garcinone E sebagai agen anti tumor serta polisakarida sebagai senyawa anti kanker dan akti bakteri.

Buah manggis telah digunakan sebagai pengobatan secara tradisonal untuk menangani kardiovaskular dan kanker. Antioksidan mampu mengembalikan serta memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas serta memperlambat penuaan dini.

3. Mengandung Senyawa Inflamasi Untunk Peradangan dan Anti Jamur

Berdasarkan penelitian dari Chemical and Pharmaceutical Bulletin membuktikan bahwa zat xanthones yang terdapat dalam buah manggis dapat menghentikan perkembangan bakteri tuberkulosis sebagai penyebab infeksi.

Manggis juga digunakan untuk mengobati infeksi, menurunkan demam, mengurangi rasa sakit, serta menyembuhkan penyakit gusi seperti periodontitis.

4. Menormalkan Tekanan Darah dan Detak Jantung

Buah Manggis memiliki berbagai senyawa isotonik seperti potasium dan sodium serta mineral yang relatif tinggi seperti magnesium, dan mangan. Kandungan mineral berupa potasium serta serat dipercaya mampu menjaga serta menormalkan tekanan darah tinggi. Selain mampu menjaga tekanan darah tinggi juga mampu menurunkan risiko atherosklerosis, penyumbatan jantung, serta sakit nyeri di dada.

5. Manfaat Buah Manggis lainnya

  • Menjaga Kesehatan Kulit karena manggis mengandung senyawa anti bakteri dan anti jamur selain itu dengan kandugan antioksidan seperti katekin yang sangat tinggi maka sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit serta menghambat penuaan dini.
  • Bermanfaat bagi Ibu hamil untuk perkembangan janin serta sel-sel baru karena manggis mengandung vitamin berupa asam folat.
  • Mampu Menghambat infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis yang merupakan penyebab penyakit TB (dulu dikenal sebagai TBC) karena buah manggis mengandung senyawa garcicone B, alfa mangostin, dan beta mangostin.
  • Karena buah manggis mengandung vitamin C maka dipercaya mampu meningkatkan sistem imun di tubuh. Vitamin C sebagai antioksidan alami yang larut dalam air mampu berfungsi sebagai anti radikal bebas serta melawan berbagai bakteri penyebab penyakit.
  •  
     
      edit