Sabtu, 01 Oktober 2016

Published 02.39.00 by Admin

Manfaat Air Putih - Manfaat Air Putih Hilang Jika Melakukan ini

Setiap aktivitas yang berlebihan pastilah akan berdampak buruk begitulah pepatah yang sering kita dengar dan hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri bahkan ketika berlebihan mengkonsumsi air putih pun dalam satu waktu akan berdampak buruk terhadap kesehatan.


Picture By Thinkstock

Sebagian orang beranggapan bahwa mengkonsumsi air putih dalam jumlah berlebih baik untuk tubuh karena dapat menutupi jumlah cairan yang keluar dari dalam tubuh tapi pada kenyataannya justru sebaliknya malah akan menimbulkan dampak buruk pada tubuh. Berikut beberapa ulasan mengapa konsumsi air putih berlebih berdampak buruk terhadap kesehatan

 

1. Berpotensi Merusak Ginjal


Ginjal berfungsi menyaring atau memfilter zat sisa yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, terkhusus tiap cairan yang ada ditubuh. Jika volume air yang masuk ke dalam tubuh berlebih hal ini akan berdampak pada peningkatan kerja ginjal, dengan kata lain ginjal akan didesak untuk mengeluarkan cairan dalam tubuh.

Jika hal ini terus berlanjut maka akan berdampak buruk pada organ ginjal khususnya pada bagian glomerulus. (Glomerulus adalah bagian yang berfungsi menyaring setiap cairan yang tak dibutuhkan oleh tubuh"). Resiko yang paling umum terjadi adalah hiperfiltrasi dan pembengkakan ginjal.

 

2. Berpotensi Meningkatkan Kerusakan Jantung 


Jantung berfungsi untuk memompa darah ke jantung serta mengalirkan darah dari jantung ke seluruh tubuh. Apabila mengkonsusmi air putih berlebih maka dapat mengakibatkan peningkatan volume darah. Apabila jumlah darah meningkat maka akan berdampak pada peningkatan kinerja organ jantung untuk mengalirkan darah, bukan hanya jantung tapi pembuluh darah juga dapat tertutup akibat besarnya volume darah yang dialirkan oleh jantung.

3. Hiponatremia


Hiponatremia adalah kondisi dimana darah di dalam tubuh kekurangan kadar natrium ( kadar garam) dengan kata lain terjadi kondisi abnormal pada darah. Mengapa natrium menjadi penting karena natrium berguna dalam mengatur jumah cairan dalam darah dan bila terlalu banyak cairan yang masuk ke tubuh maka akan menyebabkan kadar natrium menjadi berkurang atau encer.

Ketika hal tersebut terjadi maka akan menyebabkan pembengkakan sel. Pembengkakan sel ini dapat mengakibatkan timbulnya berbagai masalah penyakit. Bahkan sebuah studi mengungkapkan apabila kondisi hiponatremia terjadi dapat menyebabkan penderitanya mengantuk, kejang, koma dalam kasus yang parah dapat berujung pada kematian.

Banyak alasan seseorang dapat mengkonsumsi air putih berlebih misalnya dalam keadaaan cuaca yang panas atau sedang berolahraga maka cairan dalam tubuh dapat terkuras dengan cepat maka disarankan untuk konsumsi air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selalu cermati konsumsi air puith anda.


Lalu bagaimana dengan minum air 8 gelas masihkah berlaku ?

Pada dasarnya tidak ada aturan pasti berapa jumlah atau volume air putih yang wajib dikonsumsi dalam sehari mengingat adanya perbedaaan kondisi pada setiap orang baik itu kondisi cuaca, jenis makanan yang dikonsumsi apakah berkuah atau tidak, tingkat aktivitas yang dilakukan apakah menguras cairan didalam tubuh atau tidak, bahkan riwayat penyakit seseorang.

Misalnya bila seseorang mengalami masalah penyakit ginjal maka hanya disaranan untuk minum air 1 liter perhari, maka tentu saja hal ini akan mempengaruhi berapa cairan yang harusnya masuk ke dalam tubuh.

Contohnya ketika anda berolahraga maka secara umum jumlah cairan tubuh yang keluar dari keringat adalah sebesar 500 ml maka seharusnya cairan yang masuk ke tubuh pula sebesar 500 ml pula tapi hal ini terlampau sulit bukan.

Tips yang paling sederhana yang juga merupakan indikator terbaik untuk mengetahui apakah tubuh anda kekurangan cairan dalam tubuh adalah melalui rasa haus, minumlah secukupnya saat anda merasa haus.


 


      edit