Sabtu, 12 November 2016

Published 21.36.00 by Admin

Melampiaskan Amarah Baik Untuk Panjang Umur

Manfaat Lampiaskan Amarah Untuk Kesehatan

 

Apa yang Anda rasakan saat marah dan Anda tak bisa melampiaskan kemarahan Anda? Tentu perasaan Anda akan dongkol dan bahkan membuat dada terasa sesak. Nah, kini Anda tak perlu ragu lagi untuk meluapkan rasa marah Anda. Pasalnya, sebuah penelitian mengungkap bahwa melampiaskan amarah bisa memperpanjang usia.

Tim peneliti dari University of Jena di Jerman meneliti 6.000 partisipan dan menemukan bahwa partisipan yang menyembunyikan kecemasannya diketahui mengalami peningkatan detak nadi jantung. Ini diketahui sebagai salah satu faktor yang dapat memicu penyakit darah tinggi, jantung koroner, hingga kerusakan ginjal.

Namun peneliti juga menemukan meski orang-orang yang suka memendam amarah berisiko lebih tinggi terserang berbagai penyakit, mereka lebih cepat mengalami proses pemulihan dari penyakit-penyakit tersebut.

“Karena tingkat pengendalian dirinya yang tinggi, represor cenderung sangat disiplin dan lebih termotivasi untuk mengadaptasi atau mengubah gaya hidupnya menjadi lebih baik,” pungkas salah satu peneliti, Marcus Mund.
      edit