Jumat, 04 November 2016

Published 01.29.00 by Admin

Kanker Serviks pdf - Mengapa Kanker Serviks Berbahaya ?

Waspadai Kanker Serviks - Mencegah Kanker Serviks

 

 cara mencegah kanker serviks

 

Apa Itu Kanker Serviks ?


Penyebab kematian seorang wanita di negara berkembang salah satunya adalah karena kanker serviks atau kanker leher rahim. Kanker serviks biasa juga disebut kanker pembunuh wanita nomor dua di dunia setelah kanker payudara.

Di Indonesia, kanker yang menyerang di bagian serviks atau mulut rahim ini, bahkan menduduki peringkat pertama. Dan bahayanya lagi, kanker serviks yang sudah masuk ke stadium lanjut sering menyebabkan kematian dalam jangka waktu relatif cepat. kanker serviks akan menyerang di bagian serviks atau mulut rahim, oleh karena itu pengetahuan cara mencegah kanker serviks sangat diperlukan.

 

 Mengapa Kanker Serviks Berbahaya ?


Kewaspadaan terhadap kanker serviks ini sepertinya tidak bisa ditawar lagi. Pengindap penyakit kanker serviks tidak menyadari jika mereka mengidap penyakit tersebut. Sebab, kanker serviks membutuhkan proses yang sangat panjang yaitu antara 10 hingga 20 tahun untuk menjadi sebuah penyakit kanker, awalnya kanker serviks hanyalah sebuah infeksi yang di sebabkan oleh virus.

Virus ini biasa juga disebut Human Papilloma Virus (HPV) tipe 16 dan 18. Kaum wanita juga harus waspada pada kebersihan WC. Virus ini sangat mudah sekali menular melalui WC yang jarang dibersihkan atau tidak dibersihkan dengan baik.

Virus tersebut bisa saja sudah bersarang di WC tersebut dan bisa menginfeksi orang yang menggunakan WC tersebut. Selain kebersihan, faktor-faktor lain yang mempengaruhi virus ini yaitu aktifitas seksual yang dimulai pada usia dini, yaitu kurang dari 20 tahun. Hal ini terkait dengan belum matangnya organ reproduksi untuk melakukan hubungan dengan lawan jenis.

Dan yang paling penting berganti-ganti pasangan seksual serta wanita yang merokok memiliki risiko dua kali lipat lebih tinggi menderita kanker serviks. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia berbahaya dari tembakau yang akan muncul di leher rahim.

Untuk kasus kanker serviks stadium lanjut akan dilakukan pengobatan dengan cara kemoterapi serta radioterapi, namun jika sudah terdeteksi cukup parah, tiada lain kecuali dengan mengangkat rahim (histerektomi) secara menyeluruh agar kanker tidak berkembang. Selalu ingat bahwa mencegah kanker serviks lebih baik daripada mengobatinya.

 

Cara Mencegah Kanker Serviks

Tapi jangan risau dahulu, kanker serviks ini bisa dicegah atau dihindari. Langkah mencegah kanker serviks :

  • Menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi.
  • Selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan, hindari pembersihan bagian genital dengan air yang kotor.
  • Jika anda perokok, segera hentikan kebiasaan buruk ini.
  • Lakukan pemeriksaan papsmear minimal 2 tahun sekali, khususnya bagi yang telah aktif melakukan hubungan intim.
  • Jika Anda belum pernah melakukan hubungan intim, ada baiknya melakukan vaksinasi HPV.
  • Perbanyak konsumsi makanan sayuran yang kandungan beta karotennya cukup banyak, konsumsi vitamin C dan E.
  • Hindari berhubungan intim saatusia dini, selalu setia kepada pasangan Anda dan jangan berganti-ganti apalagi diikuti dengan hubungan intim.
Berhati-hatilah dengan penyakit kanker serviks, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Penyakit bisa dihindari asal kita selalu berusaha hidup sehat dan teratur.

      edit