Jumat, 04 November 2016

Published 04.20.00 by Admin

Telur Ikan - Apa Manfaat Telur Ikan Untuk Anda, Simak Ulasannya

Telur Ikan  - Apa saja Manfaatnya Untuk Kesehatan

manfaat dan kandungan gizi telur ikan untuk kesehatan

Katasehat.com - Berbicara tentang telur ikan pastinya anda akan tahu asal makanan ini. Telur ikan merupakan salah satu makanan favorit dan banyak disukai di berbagai negara. Telur ikan dapat dikonsumsi dengan dua cara yaitu dengan langsung disantap atau dengan diolah terlebih dahulu menjadi masakan.

Selain dikonsumsi telur ikan juga dapat digunakan sebagai obat-obatan, apalagi kandungan omega-3 pada telur ikan termasuk tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan otak serta protein ang sangat baik untuk meregenerasi sel-sel jaringan kulit mati yang rusak.

Kandungan Nilai Gizi Telur Ikan

Selain memiliki kandungan omega-3 yang tergolong tinggi, telur ikan juga memilki kandungan nutrisi lainnya diantaranya kalium, magnesium, omega-6, Alfa retinol, kolin serta protein yang tentunya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta untuk melawan berbagai penyakit.

Untuk lebih lengkapnya perhatikan kandungan nilai gizi telur ikan untuk per 100 gram telur ikan

  • Kalori = 204 kcl
  • Protein = 3,9 g
  • Karbohidrat = 0,6 g
  • Lemak Tak Jenuh Tunggal = 2,1 g
  • Lemak Tak Jenuh Ganda = 3,4 g
  • Omega-3 =
  • Omega-6 = 
  • Kalori = 169 kal
  • Lemak Jenuh = 0,6 g
  • Vitamin A = 145 IU
  • Vitamin D
  • Vitamin C
  • Vitamin B6  = 0,1 mcg
  • Vitamin E
  • Vitamin K
Dengan banyakanya kandungan nutrisi yang ada pada telur maka tidak heran jika telur ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Manfaat Telur Ikan

Berikut berbagai manfaat telur ikan menjaga kesehatan tubuh Anda 

1. Menjaga Kesehatan Otak

Otak adalah salah satu bagian terpenting dari tubuh yang berfungsi untuk mengatur setiap aktivitas yang dilakukan. Jadi menjaga kesehatan otak tetap sehat sangat penting dan salah satu makanan yang mampu menjaga kondisi otak agar tetap sehta adalah telur ikan.

Telur Ikan mengandung asam lemak omega-3 atau sering juga disebut omega-3 sangat baik untuk mengatasi kondisi lupa atau susah mengingat khususnya bagi orang yang sudah lanjut usia. Omega-3 berperan untuk membantu perkembangan membran sel dalam sistem saraf. 

Karena tubuh tidak dapat menghasilkan omega-3 karena itu untuk memenuhi asupan omega-3 dapat dilakukan dengan mengkonsumsi telur ikan. Menurut American Dietetic Association and Dietitians of Canada menyatakan secara resmi merekomendasikan 20-35% dari energi harian harus berasal dari lemak makan, terutama pada konsumsi asam lemak omega-3.

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Vitamin D diproduksi oleh tubuh setelah kulit terpapar sinar ultraviolet B (UVB) yang berasal dari matahari sayangnya aktivitas yang dilakukan tiap hari akan membuat Anda sulit mendapat asupan vitamin D yang cukup. 

Telur ikan mengandung vitamin D, fosfor, serta kalium , vitamin k yang terbukti mampu menjaga kesehatan tulang serta memperkuat serta menjaga kondisi gigi. 

Sebuah studi penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 di Inggris menjelaskan bahwa Wanita yang memperoleh suplemen vitamin D yang cukup memiliki tulang lebih memperoleh asupan vitamin D yang cukup

Penelitian lainnya yang dilakukan di Norwegia pada tahun 2011 juga menyebutkan bahwa wanita yang memperoleh suplemen vitamin D memiliki tulang lebih padat pada akhir penelitian.

3. Menjaga Kesehatan Mata dan Kondisi Tubuh

Kandungan Vitamin A pada telur ikan diperacaya mampu menjaga kondisi penglihatan Anda.Satu porsi dari telur ikan mengandung setidaknya mengandung 1-6% vitamin A dari asupan yang dibutuhkan tubuh perharinya. 

Menurut Nutritional A, untuk Satu porsi telur ikan mengandung 1-6 % asupan harian yang direkomendasikan tergantung dari jenis ikan. Supplement ini akan sangat berguna dalam visi (penglihatan) orang, terutama disaat malam hari.

Tidak kalah pentingnya, vitamin C yang terdapat dalam telur ikan juga sangat baik menjada kondisi tubuh. Satu sendok makan telur ikan mengandung kurang lebih 4% vitamin C untuk memenuhi kebutuhan satu orang dewasa.

4. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Salah satu manfaat lainnya dari konsumsi telur ikan adalah mampu mencegah risiko penyakit kanker khususnya kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara.

Berdasarkan penelitian dari Kathryn Meier Professor of Pharmacy di Washington State University (Amerika Serikat), pada Penelitian terbaru ini membuktikan bahwa omega-3 dapat digunakan secara efektif sebagai obat antikanker.

5. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi kurangnya asupan sel darah merah yang mana banyak faktor penyebab anemia. 

Dengan mengkonsumsi satu sendok makan telur ikan maka akan memnuhi asupun nutrisi di tubuh  hingga 11 % dari kebutuhan zat besi. Manfaat zat besi untuk tubuh yaitu mempromosikan oksigenasi dari darah serta otot, sehingga asupan zat besi dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala hingga jantung berdebar-debar yang akibat oleh penyakit anemia.

Adapun manfaat lain dari telur ikan diantaranya
  1. Menjaga kesehatan jantung seperti penyakit lemah jantung atau kegagalan jantung
  2. Mecegah penyakit Alzheimer (kondisi pikun yang dapat terjadi pada orang dewasa atau lansia)
  3. Menjaga tekanan darah tetap stabil
  4. Menjaga serta menyehatkan kondisi jantung
  5. Meningkatkan kadar hemoglobih di tubuh
Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet garam atau sedang mencoba untuk tidak mengkonsumsi garam, maka telur ikan tidak baik dikonsumsi dalam porsi dalam jumlah yang banyak karena mengandung kadar sodium yang tinggi.

      edit