Minggu, 13 November 2016

Published 03.23.00 by Admin

Pelajari Langkah mudah Cara Mencegah Jerawat Secara Tepat

Tips Untuk Bebas Dari jerawat

 Mencegah Jerawat Secara Tepat

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat ?

 

[1] Mengubah Pola Makan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat adalah mengubah pola makan  Anda dan memperhatikan dengan seksama makanan serta minuman apa saja yang masuk ke dalam mulut Anda setiap hari. Untuk mencegah jerawat hindari konsumsi makanan berlemak dan minuman yang bersodium tinggi, seperti makanan cepat saji, makanan ringan kemasan, minuman ringan dan minuman energi, makanan kalengan dan makanan yang diawetkan.

Selain dapat menyebabkan jerawat makanan-makanan tersebut makanan tersebut dapat pula menyebbakan masalah yang lebih besar seperti kanker, obesitas dan penyakit jantung koroner.

Gantilah pola makan Anda dengan mengonsumsi makanan bersumber karbohidrat kompleks, sayuran hijau, buah-buahan segar, ikan, dan beberapa jenis minyak sehat dengan jumlah yang cukup.

 

[2] Menghindari Makanan Manis Dan Alkohol

Langkah selanjutnya untuk mencegah jerawat adalah menghindari makanan yang manis-manis dan alkohol, yang dapat membuat jerawat lebih mudah timbul dan proses penyembuhan bintik hitam bekas jerawat menjadi lama. 

Tingkat gula yang tinggi dalam darah akan memperlambat proses penyembuhan dan sistem imunitas tubuh, selain itu alkohol  selain tinggi kalori juga dapat meningkatkan suhu tubuh yang mempercepat proses produksi sebum dan keratin dalam tubuh.

 

[3] Konsumsi Makanan Kaya Vitamin A

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A sangat berguna untuk menghindarkan Anda dari serangan jerawat. Meskipun dapat bersifat racun jika dikonsumsi berlebihan, vitamin A dapat berfungsi sebagai anti-radang dan mempercepat proses penyembuhan luka dan infeksi. 

Jauh lebih baik mengonsumsi makanan alami yang kaya akan vitamin A daripada suplemen yang mengandung retinol atau beta-arotena karena tubuh manusia lebih mudah menyerap makanan alami . Mengonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen lebih beresiko  karena tubuh cenderung tidak dapat memproses vitamin A secara langsung dan cepat khususnya jika jumlahnya sangat tinggi

 

[4] Konusmsi Makanan yang Mengandung Vitamin E dan Seng

Makanan yang mengandung vitamin E dan seng juga dapat membantu mencegah jerawat. Seng berperan dalam menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, mempercepat penyembuhan luka serta regenerasi pada jaringan kulit, serta mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sementara itu, vitamin E berfungsi sebagai antioxidan kuat  dapat mencegah penggumpalan lemak dalam kulit dan mencegah proses peradangan. Jika memungkinkan, konsumsi keduanya dalam bentuk makanan utuh karena mineral dan vitamin ini bisa bersifat racun jika dikonsumsi dalam bentuk suplemen dalam jumlah yang tinggi.

 

[5] Melakukan Pemeriksaan Ke Dokter

Langkah terakhir mencegah jerawat adalah melakukan pemeriksaan ke dokter, apakah Anda alergi terhadap suatu jenis makanan atau lingkungan tertentu. Anda juga perlu memahami bahwa susu dan produk dari susu dapat memicu jerawat karena mngandung hormon testosteron dan meningkatkan produksi hormon dalam tubuh secara berlebihan.

Pendapat bahwa coklat dapat menyebabkan jerawat tidaklah benar karena coklat justru merupakan antioxidan dan yang lebih kuat daripada teh dan dapat menurunkan tingkat kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Kandungan gula, mentega dan susu dalam coklatlah yang sebenarnya memicu jerawat. Kacang, tepung dan lemak yang biasanya ditambahkan ke dalam produk coklat olahan bahkan dapat memicu alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, konsumsi cokelat dengan tingkat cocoa yang tinggi, namun bebas gula dan rendah lemak. Lagi pula, cokelat dapat membuat hati senang, bukan ?

Inilah Fakta Terkait Jerawat ?

Jerawat timbul karena pori-pori rambut menghalangi keluarnya sebum dari dalam kulit dan bakteri pun berkumpul di daerah itu. yang akhirnya menyebabkan peradangan dan kemerahan pada kulit. Selain itu, faktor genetika juga memegang peranan penting.

Jerawat dapat dipicu oleh berbagai faktor, namun sebagian dokter percaya bahwa jerawat terutama dipicu oleh mineral  iodin yang terdapat dalam garam. Kandungan Lemak dalam makanan yang berlebihan juga dapat mempercepat proses terbentuknya jerawat.

Titik Hitam terjadi saat kelenjar sebaceous tersumbat oleh cairan kental yang merupakan gabungan antara sebum dan keratin. Biasanya titik hitam lebih sulit dihilangkan daripada jerawat. Oleh karena itu, sebagian besar dermatolog lebih menyarankan untuk mencegah dibanding mengobatinya dengan cara lebih mengenal karakteristik kulit Anda sendiri dan menciptakan lingkungan yang baik untuk kulit Anda.

Produksi Sebum sebagian besar dikendalikan oleh androgen yang merupakan hormon yang terdapat pada pria dan wanita. Saat tingkat hormon naik, misalnya pada masa puber dan menstruasi, sebum akan diproduksi secara berlebihan yang dapat menyebabkan rambut berminyak,  bau badan dan jerawat.



 












      edit