Rabu, 02 November 2016

Published 03.46.00 by Admin

Obat Mimisan - Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Dan Orang Dewasa

Bagaimana Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Dan Orang Dewasa ?


 Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak Dan Orang Dewasa
Cara Mengatasi Mimisan - Hampir semua orang pernah mengalami mimisan khususnya pada anak dan orang dewasa. Mimisan memang sering membuat siapa saja panik dan kaget saat mengalaminya.

Fakta Terkait Mimisan - Walaupun kebanyakan kejadian mimisan bisa berhenti sendiri dan tidak menimbulkan rasa sakit, namun kita tetap harus waspada jika mimisan berlangsung lama dengan jumlah darah yang banyak atau disertai dengan gejala lainnya. Mimisan ternyata juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang serius dan perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut

Pertolongan Pertama Untuk Menghentikan Mimisan


Mengobati Mimisan - Ada beberapa langkah yang bisa kita tempuh untuk mengatasi terjadinya mimisan, yaitu :
  • Segera dudukkan penderita pada posisi tegak agar darah yang keluar berkurang dan tidak mengalir masuk ke paru-paru. Kalau keadaan penderita terlalu lemah, baringkan dengan meletakkan bantal di belakang punggungnya.
  • Tekan bagian tengah hidung sekitar 5-10 menit guna menutup pembuluh darah yang pecah supaya darah bisa segera dihentikan. Gunakan beberapa bongkah kecil es batu dan tempelkan di sekitar hidung agar pembuluh darah mengecil dan perdarahan segera berhenti.
  • Jika darah terus menerus keluar, gunakan kapas atau kain kassa steril yang telah digulung untuk menyumpal hidung. Namun jika tidak berhasil menghentikan hingga mimisan berlangsung lama (lebih dari 20 menit) maka segera bawa ketempat pelayanan kesehatan untuk mendapat penanganan lebih lanjut.
  • Setelah darah berhenti mengalir, selama kurang lebih 3 jam, penderita diminta untuk tidak mendengus terlalu keras atau membuang ingus terlebih dahulu.

 Daun Sirih Untuk Mengatasi Mimisan


Cara Mengobati Mimisan - Sejak jaman dahulu, masyarakat kita telah memiliki “obat” mujarab untuk mengatasi mimisan, yakni dengan menggulung selembar daun sirih dan memasukkannya ke hidung. Biasanya, dalam sekejap aliran darah dari hidung akan terhenti. Lalu, bolehkah mengentikan mimisan dengan menggunakan daun sirih?

Mengobati Mimisan dengan daun sirih - Ternyata, cara tradisional ini bisa dibenarkan secara medis. Sebab, zat-zat alami yang terkandung dalam daun sirih memang terbukti bisa menghentikan mimisan. Namun, tentu saja cara ini hanya terbatas untuk mengatasi mimisan karena perdarahan anterior (depan) saja.

Kiat Mencegah Dan Mengatasi Mimisan Pada Anak Dan Orang Dewasa


Cara Mencegah, Mengobati, Mengatasi Mimisan - Ada beberapa kiat yang bisa kita praktekkan supaya tidak terjadi mimisan pada diri kita atau keluarga kita, yaitu :
  • Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan kalsium untuk memperkuat dinding pembuluh darah. Vitamin C banyak diperoleh dari buah-buahan berwarna seperti jeruk, tomat, strawberry, dan lain-lain. Sedangkan kalsium banyak terkandung dalam susu, keju, kedelai, dan lain-lain.
  • Tidak membuang ingus terlalu keras karena bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah hidung.
  • Mengurangi kebiasaan mengorek hidung supaya tidak melukai atau menyebabkan trauma hidung.
  • Menghindari asap rokok dan polusi udara.
  • Tidak melakukan aktivitas fisik secara berlebihan, apalagi yang dilakukan di bawah terik panas matahari.

Jangan Remehkan Mimisan Pada Anak Dan Orang Dewasa


Waspadai Bahaya Mimisan - Meski nampaknya ringan dan tidak berbahaya,.kita tetap harus mewaspadai terjadinya mimisan. Hal ini mengingat komplikasi (akibat lanjutan) dari mimisan bisa cukup serius. Perdarahan yang hebat bisa menyebabkan shock (turunnya tekanan darah secara mendadak) dan anemia (kurang darah). Menurunnya tekanan darah secara mendadak bisa menyebabkan infark miokard (penyakit jantung) yang bisa berakibat fatal.

Oleh karena itu, kita tidak hanya perlu mengatasi mimisan itu sendiri, tapi juga sebaiknya sebisa mungkin kita usahakan untuk mencegah mimisan, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. 
Semoga bermanfaat



Kata Kunci Terkait :

Cara Mengatasi Mimisan
Cara Menghentikan Mimisan
Cara Mengobati Mimisan
      edit