Jumat, 16 September 2016

Published 21.01.00 by Admin

Terungkap ! Alasan Buah Petai Berbau

Katasehat.com - Banyak yang kurang menyenangi masakan dari olahan petai karena menimbulkan bau menyengat saat buang air ataupun saat bernafas. Sebenarnya darimana asal aroma tak sedap itu berasal ?

Alasan Mengapa Petai/pete Berbau tak sedap 
Picture By Thinkstock 

Petai ( Parkia Speciosa ) atau secara umum disebut juga pete adalah tumbuhan dari genus  dalam family Fabaceae.

Masakan dari olahan biji petai banyak disukai karena memiliki rasa serta aroma unik meskipun begitu banyak orang yang menghindarinya karena dapat mengeluarkan bau tak sedap setelah dikonsumsi khususnya saat bernafas atau saat buang air.

Biji petai dapat mengeluarkan bau tak sedap setelah dikonsumsi karena memiilki kandungan sulfur . Sulfur atau yang lebih umum dikenal dengan nama belerang adalah salah satu zat kimia yang ada di alam. Pada biji petai terdapat berbagai macam zat penyebab bau kurang sedap seperti trithiolane, tetrathiane, tetrahiepane, pentathiopane, pentathiocane, dan hexathionine. 

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan sulfur sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh tapi jika mengkonsumsi dalam jumlah berlebih akan menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Apabila tubuh kelebihan zat sulfur maka zat sulfur yang dibutuhkan akan disimpan sedangkan sisanya akan dibuang oleh tubuh.

Zat sulfur akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urine hal inilah yang menyebabkan setelah makan petai urine akan berbau tak sedap dan menyengat, bukan hanya di urin zat sufur juga dikeluarkan melalui ekskresi kulit sehingga akan menyebabkan bau badan bahkan zat sulfur juga dapat keluar melalui pernafasan hingga menimbulkan bau mulut saat berbicara.
      edit