Jumat, 09 September 2016

Published 15.07.00 by Admin

Kesehatan Pria : Perawatan Jerawat Pada Pria

Apa Yang Seharusnya Pria Lakukan Pada Jerawatnya

Foto perawatan wajah pada pria
Source : cantiknsehat



Kebanyakan seorang pria akan mulai mendapatkan jerawat saat berusia remaja. Ada juga yang kadang setelah remaja. Tapi selalu ada perawatan untuk masalah jerawat ini bahkan untuk jerawat membandel yang masih ada hingga masa sekolahmu berakhir.

Penyebab

Untuk kebanyakan orang-orang, terjadinya perubahan hormon menyebabkan terjadinya peningkatan level jerawat. Hormon ini menghasilkan minyak yang menyebabkan tersumbatnya pori-pori khususnya pada bagian wajah, bukan hanya pori-pori tapi juga kadang-kadang menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Keduanya adalah penyebab utama munculnya jerawat.

Kebanyakan pria akan mendapatkan jerawat di wajah dan punggung. Keringat akan menyebabkan munculnya jerawat menjadi lebih buruk, keringat yang muncul akibat cuaca yang panas atau saat habis melakukan aktivitas. Jerawat yang berada di punggung akan lebih sulit di rawat dibandingkan jerawat di kulit wajah meskipun tidak akan terlihat oleh orang lain. 

Bagi pria yang senang bercukur juga dapat menyebabkan munculnya jerawat karena sisa rambut dari hasil cukuran serta karena pertumbuhan rambut kedalam menjadi penyebab utama.

Perawatan

Selalu jaga agar kulitmu tetap bersih khususnya untuk area yang mudah muncul jerawat, kebanyakan pembersih kulit telah banyak tersedia. Secara umum hindari penggunaaan produk yang memiliki butiran kasar karena dapat menyebabkan iritasi pada kulitmu. Bersihkan kulitmu dua kali dalam sehari.

Perawatan Pada Wajah

Selalu gunakan lap wajah untuk membersihkan kulit wajahmu tapi lakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi iritasi. Ketika sedang mencukur selalu gunakan pisau cukur yang bersih, kamu juga dapat menggunanakan produk krim cukur yang memiliki kandungan bensoil peroxida, retinol, dan asam salisilat. Kamu juga dapat meminta berkonsultasi dengan dokter tentang bahan antibiotik yang dapat kamu campurkan dengan krim cukur untuk melindungi kulitmu saat proses cukur. Jika anda kesulitan dalam bercukur hingga menyebabkan luka pada kulit cobalah untuk menggunakan mesin cukur elektrik.

Perawatan Pada Punggung

Ketika sedang mandi, gunakanlah sikat pembersih badan yang panjang agar dapat menjangkau area yang sulit di bagian punggung. kamu juga dapat menggunakan sonic cleansing system yang kepalanya dapat d'ubah-ubah, umunya sudah banyak ditemukan di pasaran.

Kamu juga dapat menggunakan produk dengan kandungan benzoil peroxida dan asam salisilat untuk mengontrol jerawat pada punggung. kamu tidak butuh resep dokter untuk penggunaan produk ini. Untuk mengeringkan kulitmu selalu gunakaan handuk berbahan cotton.

Jerawat Membandel

Jika kamu sudah mencoba melakukan perawatan untuk mengatasi jerawat kamu di rumah selama selama 4-8 minggu tapi jerawatmu belum hilang juga, mungkin sudah saaatnya kamu pergi berkonsultasi ke dokter kulit. Saat pemeriksaaan, dokter penyakit kulitmu dapat memeriksa kulitmu dan merekomendasikan rencana perawatan yang seharusnya kamu  lakukan. Kamu mungkin juga butuh meminta resep dokter untuk antibiotik atau resep berupa bensoil peroxida dan asam salisilat, atau sejenis obat yang disebut retinoid.

Jika jerawatmu benar-benar sulit untuk dihilangkan, dokter penyakit kulit kamu mungkin akan memutuskan obat isotretinoin. Untuk wanita yang sedang dalam rencana kehamilan diwajibkan menghindari obat ini karena dapat menyebabakan cacat kelahiran.

Ada juga perawatan jerawat dengan mengunakan teknologi yang lebih canggih yaitu menggunakan perawatan laser wajah, atau bisa juga dengan terapi cahaya yang dikombinasikan dengan terapi vacuum. Mungkin akan cukup mahal melakukan perawatan ini dan berbeda hasil untuk setiap orang. Jadi bijaklah dalam memilih perawatan jerawat.
      edit