Minggu, 11 September 2016

Published 09.37.00 by Admin

Ini Fakta Sehat Cabai Yang Wajib Anda Diketahui

Katasehat.com - 5 Fakta cabai bagi Kesehatan Yang Wajib  Anda Ketahui

Foto Manfaat Cabai bagi Kesehatan
Pictrure By Jitunews














Berbicara tentang cabai pastilah yang terpikirkan rasa pedasnya yang khas, bagi orang indonesia sendiri cabai banyak digunakan sebagai bagian dari penyedap atau bumbu masakan yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan di negara china terdapat sebuah bumbu dari campuran cabai, miyak sayur, minyak wijen dan cuka yang dinamakan Rayu atau layu yang sangat populer di restoran China, jepang, Korea, Meksiko, dan Timur Jauh. Tapi tahukah anda cabai bukan hanya sebatas penambah rasa dari masakan tapi juga memiliki segudang khasiat yang sayang bila tidak diketahui.
Berikut beberapa khasiat cabai untuk kesehatan yang wajib anda ketahui

1. Sumber Vitamin C dan Antioksidan

Apakah yang anda pikirkan jika berbicara tentang sumber vitamin C, mungkin dalam pikiran anda seketika pastilah jeruk tapi tahukah anda bahwa ternyata kandungan vitamin C pada cabai ternyata mengalahkan  buah jeruk. Cabai merah dan cabai hijau merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan vitamin C. Faktanya dalam setiap 100 gram cabai mengandung setidaknya 143,7 miligram vitamin C.
Kandungan antioksidan dan vitamin C pada cabai mampu mempercepat proses pemulihan bekas luka ada kulit, menyembuhkan sariawan, juga berguna untuk menjaga kesehatan mulut, dan pencernaaan. Bahkan mengkonsumsi vitamin C secara teratur mampu membantu melindungi tubuh dari penyakit kudis, resistensi terhadap infeksi, dan mengusir radikal bebas.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Diabetes
Penelitian Universitas Tasmania yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada Juli 2006 menyatakan bahwa setelah mengkonsumsi cabe, jumlah insulin yang dibutuhkan untuk menurunkan level gula darah setelah makan berkurang secara mengejutkan sebanyak 60%
This text is copied from: http://www.boncabe.com/fakta-cabe

Berdasarkan hasil penelitian dari universitas Tasmania yang dipublikasikan dalam The American Journal Of Clinical Nurition pada tahun 2006 menyatakan bahwa setelah mengkonsumsi cabai secara mengejutkan terjadi penurunan jumlah  insulin yang dibutuhkan tubuh untuk menurunkan gula darah mencapai 60%.

3. Cabai Kaya Akan Vitamin A, B dan kalium

Selain kaya akan vitamin C dan antioksidan, cabai juga kaya akan vitamin A,B dan Kalium. Vitamin tersebut mampu melindungi tubuh dari radikal bebas, mengisi kebutuhan sel dan cairan tubuh serta mengotrol denyut jantung. Vitamin A pada cabe juga disebut sebagai vitamin anti infeksi sehingga berfungsi sebagai penghalang pertama bakteri-bakteri pathogen yang biasanya masuk ke tubuh manusia, Kandungan vitamin B1 dan B6 pada cabai juga sangat baik bagi kesehatan tubuh khusunya untuk mengisi nutrisi tubuh. 

4. Menurunkan Resiko Jantung Dan Hipertensi

Dari sebuah Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Zhen-Yu Chen membuktikan bahwa pada cabai terdapat zat capsaicinoids dalam capsaicin mampu menurunkan tekanan darah. Capsaicinoids bekerja dengan cara mengurangi jumlah kolestrol yang terdapat dalam tubuh serta meningkatkan ekskresi sehingga mampu melindungi dan mengontrol denyut jantung serta menurunkan risiko penyakit jantung. Meskipun cabai memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral tapi cabai sama seklai tidak memilki kandungan kolesterol.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker 

Dari sebuah studi terkini yang dilakukan oleh Badan Organisasi Dunia atau WHO menunjukkan bahwa negara-negara yang memilki banyak kandungan capcaisin dalam makanan keseharian mereka menunjukkan penurunana signifikan kematian akibat penyakit kanker. Selain itu cabai yang memiliki capcaisin atau zat pedas adalah antioksidan alami dan membantu melindungi melawan penyakit yang disebabkan oleh racun
      edit