Jumat, 16 September 2016

Published 18.44.00 by Admin

Segudang Manfaat Petai Bagi Kesehatan Dan pengobatan

Katasehat.com -  Tanaman yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga anda, petai atau secara umum kadang juga disebut pete merupakan salah satu jenis tanaman yang bila diolah menjadi masakan memiliki ciri khas yakni bau menyengat dan tak sedap setelah dikonsumsi. Meskipun banyak dijauhi dan dihindari oleh sebagian orang karena baunya tapi tahukah anda terdapat segudang manfaat buah petai bagi kesehatan.

manfaat petai bagi kesehatan 
Picture By cakrawaladunia
Berikut beberapa alasan mengapa buah petai sangat bermanfaat bagi kesehatan

1. Kaya Akan Nutrisi

Tahukah anda dibanding buah apel ternyata kandungan nutrisi berupa karbohidrat, fosfor, kalium, vitamin A, zat besi dan mineral pada buah petai jauh lebih tinggi.  Mengejutkan bukan? bukan hanya itu di dalam buah petai juga mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, vitamin B, B1, B6, B12, Vitamin C, dan antioksidan.

2. Manfaat dari Berbagai Nutrisi Petai 

  • Kandungan karbohidrat pada buah petai 2 kali lipat dibanding buah apel loh, bermanfaat sebagai penambah energi dalam beraktivitas. Dalam petai terdapat kandungan gula berupa sukrosa, fruktosa, dan glukosa sehingga petai merupakan rekomendasi buat meningkatkan sumber energi tubuh.
  • Kandungan Fosfor pada buah petai 3 kali lipat dibanding buah apel, bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, menjaga kekuatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan otak, memperbaiki sel tubuh, mengatasi kelelahan dan kelemahan otot, membantu fungsi organ ginjal, serta menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.
  • Kalium yang terdapat pada Cabai dipercaya mampu menjaga tekanan darah bahkan menurunkan resiko penyakit Stroke.
  • Buah petai sangat kaya akan kandungan vitamin A terbukti lebih banyak dibanding buah apel. Vitamin A terkenal mampu menjga kesehatan serta gangguan mata bahkan menjaga kondisi tubuh lebih optimal.
  • Buah petai juga kaya akan vitamin B terutama vitamin B1 yang berguna dalam menjaga kondisi mood dan kadar gula dalam darah, B6 dan B12 serta nutrisi lain berupa magnesium dan kalium terbukti mampu mengurangi efek nikotin pada rokok sehingga baik sebagai terapi alami dalam berhenti merokok.
  • Kandungan zat besi pada petai terbukti mampu mencegah penyakit anemia bahkan kandungan zat besi 5 kali lebih banyak dibanding buah apel.
  • Vitamin C yang terkandung dalam petai mampu menjaga kondisi tubuh lebih optimal, serta mencegah berbagai macam penyakit seperti sariawan, gusi berdarah dan bengkak serta infeksi tubuh
  • Kandungan Antioksidan yang tinggi pada buah petai mampu menangkal radikal bebas, menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan imunitas dalam tubuh

      edit