Senin, 12 September 2016

Published 02.43.00 by Admin

Waktu Tidur Yang Baik - Perbedaan Jam Tidur Bayi dan Anak ?

Waktu Tidur Malam Yang Baik Pada Anak


Jam Berapa Dan Seberapa Lama Sebaiknya Anak Tidur Malam
Picture By americanpillo

Tahukah anda jam tidur seseorang berbeda-beda sesuai usia begitu pula dengan jam tidur anak yang berbeda.

Tidur yang berkualitas atau tidur nyenyak sangat diperlukan seorang anak untuk memenuhi pertumbuhan dan perkembangan mental dan melepaskan hormon pertumbuhan, memulihkan stamina, memberi kesempatan tubuh anak untuk memulihkan stamina setelah beraktivitas seharian, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta menstabilkan emosi.

Menetapkan jam tidur seusai dengan usia anak, memungkinkan anak untuk mendapatkan jam tidur sesuai kebutuhaannya, agar si anak peka terhadap lelah dan kantuk yang dirasakannya maka mengatur waktu tidur yang tepat berdasarkan jam tidur anak sebaiknya diterapkan oleh orang tua.

Dengan menetapkan waktu tidur yang konsisten terhadap anak maka tubuh anak akan terbiasa dan memiliki waktu biologis sehingga pada jam tertentu akan memunculkan sinyal berupa rasa kantuk yang menandakan waktunya beristirahat.

The American Academy of Sleep Medicine merilis pedoman tidur baru untuk anak-anak dan merekomendasikan bahwa:

  • Bayi 0 - 1 tahun harus mendapatkan 14 sampai 15 jam yang terdiri dari 8 jam tidur malam dan 6 - 7 jam tidur siang.
  • Batita usia 1 - 2 tahun harus mendapatkan 11 sampai 14 jam yang terdiri atas 11 jam tidur malam, dan 2 - 3 jam tidur siang.
  • Usia preschool  4 - 6 tahun harus mendapatkan 11  sampai 13 jam yang terdiri atas 10 - 11 jam tidur malam, dan 2 jam tidur siang.
  • Usia sekolah 7 - 12 tahun harus mendapatkan 10 sampai 11 jam yang terdiri dari 8 - 9 jam tidur malam dan 2 jam tidur siang.
  • Remaja usia 13 - 18 tahun harus mendapatkan 8 sampai 10 jam tidur setiap hari.
Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Prof Amanda Sacker University College London, menyatakan bahwa anak-anak dengan jadwal tidur yang tidak teratur merefleksikan keadaan keluarga yang kacau. Jadwal tidur yang tidak konsisten akan berdampak pada penurunan kemampuan kongnitif pada anak.

Harriet Hiscock, associate professor di Murdoch Childrens Research Institute di Australia menambahkan, bila digambarkan menurut jam, maka rekomendasi The American Academy of Sleep Medicine menjadi:
  • Bayi harus tidur pada jam 19.00.
  • Balita harus tidur pada jam 19.30.
  • Anak-anak usia awal sekolah harus tidur pada jam 20.00.
  • Praremaja (7-12 tahun) harus tidur pada jam 20.30.
  • Remaja (13-18) harus tidur antara jam 21.00 – 21.30.
Prof Sacker mengatakan "Jadwal yang teratur tampaknya penting bagi anak-anak.

"Mendidik anak agar memiliki jadwal tidur yang teratur sedini mungkin merupakan langkah yang terbaik, dan itu tidak pernah terlambat untuk dilakukan."


      edit