Kamis, 01 Desember 2016

Published 05.35.00 by Admin

Penyebab Kolesterol : Ini 3 Alasan Utama Anda Terserang Kolesterol

Penyebab Timbulnya Kolesterol


Mengapa Kolesterol Bisa Muncul ?

Mengapa Kolesterol Bisa Muncul ?
Image courtesy of Stuart Miles at FreeDigitalPhotos.net

Kata "kolesterol" mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Penyakit ini memang dianggap sebagai salah satu penyebab berbagai penyakit mematikan seperti jantung koroner dan stroke.

Sayangnya, tidak banyak masyarakat awam yang mengetahui secara tepat tentang menangani penyebab kolesterol. Kolesterol merupakan salah satu elemen lemak yang terdapat dalam tubuh manusia. Pada kadar normal tidak akan berbahaya bahkan sebaliknya memiliki banyak fungsi yang baik untuk tubuh. 

Sayangnya, masih banyak ditemukan orang yang mengalami kondisi hiperkolesterol (meningkatnya kadar kolesterol dalam darah). Akibat dari timbulnya berbagai permasalahan hingga komplikasi. Seperti penyakit jantung koroner, hipertensi (tekanan darah tinggi), gagal ginjal, dan diabetes  adalah beberapa contoh penyakit akibat hiperkolesterol.

Pada tahun 1948, Framingham Heart Study, adanya penelitian yang ditangani oleh National Heart Institute (sekarang dikenal dengan National Heart, lung, and Blood Institute) yang membahas beberapa panyebab penyakit jantung. Riset mereka memberitahukan kepada kita bahwa adanya kenaikan kolesterol adalah pengaruh yang kuat untuk bartambah banyaknya penyakit jantung (angina, serangan jantung, pembedahan by pass atau angiopasty).

Mengingat besarnya bahaya dari kolesterol maka perlu diketahui penyebab kolesterol itu sendiri.

 

3 Penyebab Utama Kolesterol

 

#1. Faktor Genetik

Penyebab kolesterol yang pertama adalah genetik. Hampir 80% kolesterol didalam darah diproduksi oleh tubuh.Faktor genetik menyebabkan produksi kolesterol setiap orang berbeda. Karenanya, sebagian orang mengalami hiperkolesterol walaupun hanya mengonsumsi jenis makanan dengan tingkat kandungan kolesterol tinggi yang relatif sedikit. 

Pada orang yang memiliki kecenderungan seperti ini sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Diharapkan makanan berserat ini mampu melarutkan kolesterol dalam tubuh.

 

#2. Asupan Makanan Yang Tidak Terkontrol

Penyebab kolesterol yang kedua adalah asupan makanan yang tidak terkontrol. Makan Terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi merupakan salah satu penyebab utama hiperkolesterol. 

Selain lemak, kelebihan asupan karbohidrat juga dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Karenanya, mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi seperti nasi, kue, snack, mi, dan roti juga harus dibatasi.

 

Lemak, Ditakuti Tetapi Dibutuhkan 

Lemak merupakan senyawa yang penting bagi tubuh, selain (karbohidrat), protein, vitamin, mineral, dan air. Selain sebagai sumber energi, fungsi lainnya adalah sumber asam lemak esensial, pencita rasa (flavour) pada makanan, pelarut vitamin yang larut lemak seperti vitamin A,D,E, dan K, serta bantalan organ-organ tubuh. 

Senyawa ini juga dibutuhkan dalam proses pembentukan dan penyimpanan hormon seperti hormon esterogen.

Terdapat tiga jenis lemak pada makanan, yaitu
  1. Lemak jenuh berasal dari makanan seperti daging, minyak kelapa, jeroan, dan otak sapi. Lemak ini berbahaya karena banyak mengandung kolesterol.
  2. Lemak tak jenuh tunggal berasal dari makanan laut seperti udang dan kepiting. Dapat dikonsumsi tetapi dalam jumlah terbatas. Sedangkan 
  3. lemak tak jenuh ganda terdiri atas asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, dan asam lemak omega 9. Asam lemak omega 3 berasal dari ikan laut dalam seperti tuna dan tenggiri. 
Omega 3 dapat mencegah kematian mendadak akibat serangan jantung. Selain itu, dapat menurunkan kadar LDL kolesterol dan meningkatkan kadar HDL kolesterol, serta menurunkan risiko terjadinya bekuan atau gumpalan dalam pembuluh darah. Asam lemak omega 6 berasal dari sayuran.

Fungsinya antara lain mencegah penyakit jantung koroner. Sedangkan asam lemak omega 9 (dikenal sebagai minyak zaitun) dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol.

makanan penyebab kolesterol

Asupan lemak harus diperhatikan. Kekurangan asupan lemak maka dapat menyebabkan berkurangnya tenaga. Sementara, kelebihan asupannya dapat menyebakan rusaknya aliran pembuluh darah. Pastikan komposisi atau takaran makanan Anda sehat dengan kata lain kandungan gizi seimbang, untuk menghindari kelebihan lemak adalah denga proporsi 10-15% protein, 20-25% lemak, dan 50-60% karbohidrat.

Berikut ini daftar bahan makanan yang mengandung lemak tinggi.

daftar bahan makanan yang mengandung lemak tinggi.

 

#3. Jenis Kelamin

Jenis Kelamin
Image courtesy of atibodyphoto at FreeDigitalPhotos.net

Penyebab kolesterol terakhir yaitu jenis kelamin. Fakta menarik ditemukan pada Profil Kesehatan Republik Indonesia 2005 yang dikeluarkan oleh Departemen Kesahatan R.I. 

Angka harapan hidup wanita ternyata lebih tinggi daripada harapan hidup kaum pria. Angka statistik harapan hidup menunjukan rata-rata umur wanita empat tahun lebih lama dibanding pria.

Mengapa demikian ? Pria ternyata mengalami penurunan

Kemampuan memompa jantung hingga seperempat sejak usia 18-70 tahun, sedangkan wanita hanya terjadi sedikit perubahan pada jantungnya sejak usia 20-70 tahun. Perbedaan ini diduga menyebabkan wanita hidup rata-rata 4-5 tahun lebih lama dibandingkan pria. Pembuluh darah arteri besar yang kaya oksigen akan menjadi kaku dan kurang elastis sejalan dengan penambahan usia, sehingga meningkatkan tekanan darah saat istirahat dan atau selama berolahraga.

Aliran darah pada otot dan kulit juga mengalami penurunan. Kondisi ini ditemukan lebih dini pada pria, sedangkan pada wanita terjadi setelah masa menapouse. Namun, dengan menjalankan program diet rendah kolesterol serta diimbangi dengan pola latihan olahraga yang dilakukan secara teratur akan dapat menghindarkan pria dari risiko ini.

Sebaliknya, apabila wanita memiliki jantung yang lebih kuat, bukan tidak mungkin juga akan berisiko terkena penyakit jantung koroner. Menurut data statistik yang dikeluarkan British Heart Foundation, satu dari enam kematian pada wanita disebabkan oleh penyakit jantung koroner. Pencetusnya, gaya hidup yang tidak sehat.

      edit