Kamis, 01 Desember 2016

Published 08.47.00 by Admin

Manfaat Air Putih : Nutrisi Penting Yang Sering Dilupakan

Manfaat Minum Air Putih

Minum Air Putih Bermanfaat Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh
Image courtesy of Naypong at FreeDigitalPhotos.net

9 Manfaat Air Putih Yang Berkhasiat Menjaga Kesehatan Tubuh

Mungkin Anda sering mendengar anjuran untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari. Namun, pernahkah terpikir oleh Anda alasan dibalik anjuran tersebut?
* Sekitar 55-65% tubuh manusia terdiri dari air. Air berperan penting dalam pembentukan berbagai cairan tubuh, sepertidarah, cairan lambung, hormon, dan enzim. 

* Darah memiliki kandungan air 83-95% sedangkan otak manusia 74-90% komponen utamanya adalah air. Selain itu, otot manusia mengandung air sebanyak 75% dan sekitar 10% air juga ditemukan di dalam tulang. 

* Perjalanan siklus kehidupan manusia juga terbentuk dari air. Dimulai dari janin dalam rahim ibu yang 100% terdiri dari air, berkurang menjadi 75% saat bayi baru lahir dan semakin berkurang menjadi 60% saat dewasa dan 50% pada lansia.

Pentingnya Manfaat Air

Air memiliki banyak manfaat untuk tubuh untuk proses pencernaan, mengatur suhu tubuh, membilas racun dari organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan melembapkan kulit. Selain itu, air juga memiliki manfaat untuk melumaskan sendi dan menjaga kesehatan organ tubuh lainnya.

Dehidrasi adalah suatu kondisi kekurangan tubuh. Haus, mulut cairan dan kulit kering, sulit berkonsentrasi, dan mudah mengantuk merupakan tanda bahwa tubuh Anda kekurangan cairan.

 

Air Pencegah Kehausan dan Dehidrasi 


Air Pencegah Kehausan dan Dehidrasi

* Kehilangan 1-2% cairan tubuh: haus, lelah, lemah, tidak nyaman, dan kehilangan nafsu makan. 

* Kehilangan 3-4% cairan tubuh: mulut menjadikering, kulit kering, penurunan jumlah urine, apatis, kehilangan konsentrasi, dan penurunan kemampuan fisik. 

* Kehilangan 5-6% cairan tubuh: sulit berkonsentrasi, sakit kepala, mudah mengantuk, kegagalan pengaturan suhu tubuh, dan peningkatan laju respirasi. 

* Kehilangan 7-10% cairan tubuh: kehilangan keseimbangan, kehilangan kesadaran, kolaps, dan kejang otot.

 

Air Panglima Pengontrol Bobot Badan 

* Air diketahui memiliki manfaat menekan nafsu makan dan mempercepat metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar pun semakin banyak. 

* Para peneliti Amerika mencoba membandingkan manfaat dari proses penurunan bobot badan di antara para pendiet yang minum air (200-400 ml sebelum makan) dengan mereka yang selalu teliti menjaga (atau menimbang) asupan kalori yang dikonsumsi. Dalam waktu kurang lebih dari 3 bulan, para peminum air tersebut kehilangan rata-rata 7 kg atau 2,2 kg lebih banyak daripada para ‘penimbang kalori’. 

* Dr. Brenda Davy dalam penelitian terbarunya menemukan bahwa pelaku diet yang merasakan manfaat minum air sebelum makan tiga kali per hari selama 12 minggu, bobot badannya turun sekitar 5 kilogram lebih banyak dibandingkan dengan pelaku diet yang tidak meningkatkan asupan air mereka. Kondisi tersebut disebabkan oleh rasa penuh di dalam perut. Rasa itu mensugestikan pikiran untuk tidak melanjutkan makan dengan porsi yang melimpah. 

* Para peminum air sebelum makan cenderung mengonsumsi makanan 75-90 kalori lebih sedikit di setiap kali makan dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi air sebelum makan. Jumlah total kalori yang dikurangi dalam sehari bisa mencapai 300 kalori.

Air Panglima Pengontrol Bobot Badan  

 

Air Berperan Sebagai Detoksifikasi Tubuh 

Detoksifikasi adalah proses pengeluaran zat yang bersifat toksin (racun) dari dalam tubuh. Zat beracun dalam tubuh dapat berupa tumpukan racun sisa metabolisme tubuh maupun radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif. Salah satu cara termudah untuk melakukan proses detoksifikasi adalah melalui air minum. 

 

Air Peningkat Stamina Tubuh 

Khasiat / manfaat air tak hanya untuk membersihkan tubuh, tetapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh. Air merupakan pilihan terbaik sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas sehingga tubuh menjadi segar dan bugar kembali.

 

Air Menjaga Kesehatan Kulit Anda 

Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan, salah satu manfaat / khasiat minum adalah untuk mempercantik diri. Beberapa tip kecantikan menyebutkan bahwa kecantikan kulit tergantung dari kelembapan kulit. Sementara kelembapan kulit tergantung dari cukup atau tidaknya asupan air dalam tubuh Anda. Kulit yang kekurangan air akan terlihat kusam, bersisik, keriput, dan tidak menarik.

 

Air Penjaga Kesehatan Saluran Cerna 

* Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar, meningkatkan volume feses, dan meningkatkan efektivitas asupan serat. Hal ini tentu berkhasiat / memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi pada saluran cerna. 


Air Penjaga Kesehatan Saluran Cerna

* Kombinasi 25 gram serat dengan 1,5 hingga 2,0 liter air lebih efektif menanggulangi konstipasi dibandingkan dengan hanya pemberian serat saja. Pasalnya, manfaat dari konsumsi air dan serat dalam jumlah yang cukup dapat memperbaiki frekuensi dan konsistensi feses.

 manfaat air putih

 

Air Lumpuhkan Batu Ginjal dan Batu Saluran Kemih 

* Peningkatan konsumsi air akan meningkatkan volume urine. Asupan cairan yang cukup akan menjaga konsistensi air seni sehingga air seni tidak terlalu pekat dan akan mengurangi risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal. 

* Studi yang dilakukan oleh Ke Z dan Wei Q pada tahun 2009 menyebutkan bahwa peningkatan jumlah asupan cairan dapat menurunkan kekambuhan terbentuknya batu saluran kemih. 

* Dua studi terbaru dari Danone juga menunjukkan bahwa peningkatan asupan air pada orang dengan riwayat batu ginjal memiliki manfaat dalam penurunan yang signifikan dari risiko kekambuhan penyakit batu ginjal.

 

Air Sebagai Pengatur Suhu Tubuh 

* Tubuh memiliki respon yang baik dalam pengaturan suhu dan manfaat air mempunyai peran penting di dalamnya. Air memiliki manfaat dalam distribusi dan pengaturan suhu tubuh karena kemampuannya untuk menyalurkan panas. 

* Bila panas yang dihasilkan melebihi kebutuhan tubuh, bahkan menimbulkan demam, tubuh akan menstimulasi untuk segera menurunkan suhu tubuh. Pembuluh darah di kulit akan melebar dan kelenjar keringat akan menghasilkan keringat lebih banyak sehingga suhu tubuh menurun. Begitu pula jika Anda berada di tempat yang dingin, pembuluh darah di kulit akan menyempit dan kelenjar keringat akan menghasilkan keringat lebih sedikit sehingga suhu tubuh akan meningkat. 

 

Air Pencegah Terjadinya Kanker

Kanker Saluran Cerna 

* Shannon dalam ulasannya menyatakan risiko kejadian kanker kolon berkurang sebanyak 45% pada wanita dan 32% pada pria yang mengonsumsi 4 hingga 5 gelas air sehari dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi dua atau kurang dari dua gelas sehari. 

* Sementara studi yang dilakukan oleh Tang menyatakan bahwa asupan cairan yang cukup berhubungan dengan penurunan risiko kanker rectum sebanyak 92% pada pria. 

* Selain itu, studi Slattery menyatakan asupan cairan yang cukup berhubungan dengan penurunan risiko kanker kolorektal sebanyak 42%. Hal ini disebabkan status hidrasi yang baik akan melindungi usus dalam mengeliminasi komponen racun dan mempercepat pembentukan feses (tinja) sehingga mempersingkat kontak bahan-bahan berbahaya dengan usus. 

 konsumsi air putih untuk kesehatan

Kanker Saluran Kemih 

* Ulasan oleh Bitterman yang disajikan dalam Urologic Clinic of North America (1991) menyatakan orang dengan asupan cairan yang rendah (kurang dari 2,4 liter per hari) lebih berisiko mengalami kanker saluran kemih (kanker prostat, kanker kandung kemih, kanker ginjal, dan kanker testis) dibandingkan dengan orang yang asupan cairannya cukup. 

* Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Michaud menyatakan bahwa manfaat yang terkandung setiap penambahan 240 ml air perhari akan menurunkan risiko kankerkandung kemih sebanyak 11%. Pasalnya, tingkat hidrasi yang cukup akan menurunkan kontak antara zat karsinogenik dan kandung kemih dengan cara mengencerkan urine dan meningkatkan frekuensi buang air kecil.

[Baca Juga : Sudah Terpenuhikah Kebutuhan Cairan Harian Anda ? ]


Manfaat Air Putih Untuk kesehatan
      edit